Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Zoom Segera Luncurkan Fitur Keamanan Terenkripsi

Zoom merupakan salah satu perusahaan yang sangat diuntungkan atas pandemi Covid-19 yang memaksa jutaan orang belajar dan bekerja di rumah.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  09:12 WIB
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH) -  blog.zoom.us
Aplikasi video conference yang kini banyak digunakan pada periode Work From Home (WFH) - blog.zoom.us

Bisnis.com, JAKARTA – Zoom Video Communications Inc. berencana meluncurkan serangkaian produk baru, salah satunya adalah fitur enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan data para penggunanya.

Dalam keterangan resminya, dilansir dari Bloomberg, Kamis (15/10/2020), perusahaan asal California ini menyatakan fitur terbaru ini diperkirakan akan tersedia bagi pengguna non berbayar dan berbayar pada pekan depan.

Enkripsi end-to-end sendiri dikenal sebagai fitur keamanan dengan standar perlindungan data tertinggi.

Perusahaan ini juga meluncurkan OnZoom, sebuah platform acara yang bisa dipakai secara gratis, berbayar, atau dengan model pembayaran fund-raising. Uji coba secara publik akan dilakukan pada Rabu.

Zoom merupakan salah satu perusahaan yang sangat diuntungkan atas pandemi Covid-19 yang memaksa jutaan orang belajar dan bekerja di rumah. Pendapatan Zoom melonjak 355 persen menjadi US$663,5 juta sepanjang periode yang berakhir pada Juli 2020. Capaian ini merupakan kedua kalinya bagi Zoom dengan pertumbuhan tiga digit.

Zom tercatat telah dipakai lebih dari 300 peserta rapat untuk menghubungkan mereka dengan teman kerja, komunitas, dan keluarga tercinta.

Dibalik kesuksesannya memanfaatkan kondisi saat pandemi, penyedia layanan video conference ini juga harus menghadapi sejumlah persoalan, yang paling mengemuka adalah lemahnya keamanan dan perlindungan data aplikasi ini.

Tak jarang, sejumlah rapat yang dilakukan melalui aplikasi ini harus dimasuki oleh orang asing. Kehadiran orang tak diundang ini seringkali mengganggu rapat dengan mengirimkan konten rasis, pornografi, hingga mencuri data penggunanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Zoom Video Communications

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top