Kurangi Limbah Elektronik, Apple Hilangkan Charger dan Airpods dalam Paket Penjualan iPhone 12

Rezha Hadyan
Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:35 WIB
iPhone 12 tidak menghilangkan aksesoris./ilustrasi
iPhone 12 tidak menghilangkan aksesoris./ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jajaran iPhone 12 akan dikirimkan tanpa adaptor pengisi daya dan Lightning EarPods di dalam paket penjualan dengan dalih mengurangi dampak terhadap lingkungan yang dihasilkan oleh ponsel tersebut.

Sebagai gantinya, mereka hanya akan datang dengan kabel USB-C ke Lightning. Selain di iPhone 12, Apple juga akan menghapus aksesori dari model iPhone lainnya di masa yang akan datang.

Melansir The Verge pada Rabu (14/10/2020), Apple mengatakan tidak menyertakan pengisi daya atau earbud dengan seri iPhone 12 karena alasan lingkungan. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat ( AS) itu menyatakan bahwa langkah tersebut membuat konsumsi bahan mentah untuk setiap iPhone yang dijual menjadi lebih sedikit.

Langkah ini juga memungkinkan untuk kotak ritel yang lebih kecil, yang berarti 70 persen lebih banyak unit dapat muat pada satu palet pengiriman dan mengurangi emisi karbon.

Secara keseluruhan, Apple memperkirakan perubahan tersebut akan mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahun, setara dengan menghilangkan 450.000 mobil dari jalan raya setiap tahun.

Laporan sebelumnya tentang perubahan tersebut telah ditanggapi dengan kemarahan di berbagai platform media sosial, dengan beberapa menyarankan bahwa hal itu lebih berkaitan dengan peningkatan margin Apple dan penurunan biaya pengirimannya daripada melindungi lingkungan. Terlepas dari motif Apple, bagaimanapun, langkah tersebut kemungkinan akan mengurangi limbah elektronik.

Selain tidak mengirimkan aksesori dengan ponsel barunya, Apple juga menghapus pengisi daya dinding dan earbud Lightning dari iPhone lama dalam jajarannya yang akan terus dijual. Di situs Apple, daftar untuk iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE 2020 sekarang mengatakan bahwa mereka hanya dikirimkan dengan telepon dan kabel USB-C ke Lightning di dalam kotak.

Sebagai bagian dari pengumumannya, Apple mengatakan sudah ada 700 juta headphone Lightning di dunia, serta 2 miliar adaptor daya Apple. Angka tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan orang sudah memiliki kedua aksesori penunjang iPhone itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper