Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Ini, Labuan Bajo Miliki 23 BTS Sinyal 4G Gratis

Pemprov NTT menyebut sebanyak 23 BTS yang akan terpasang pada tahun ini bisa memancarkan sinyal 4G dan bisa dinikmati secara gratis.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 September 2020  |  12:54 WIB
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebut tahun ini bakal ada 23 Base Transceiver Station (BTS) dengan jaringan 4G yang terpasang di kawasan wisata Labuan Bajo.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi mengatakan saat ini sebanyak 20 BTS sudah aktif dan 3 BTS sedang dalam proses pemasangan. Selain itu ada pemasangan Super Wifi untuk menyediakan akses internet untuk kebutuhan layanan pemerintah, pendidikan dan kesehatan.

"Akses internet yang disediakan oleh Kemenkominfo ini sebagai akses free bayar alias gratis. Oleh karena itu, saya atas nama rakyat NTT menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah kepada Presiden Joko Widodo," kata Josef dalam siaran pers, Sabtu (26/9/2020).

Dia juga mengingatkan agar menggunakan akses wifi gratis untuk kebutuhan pendidikan dan kegiatan produktif. Super Wifi juga untuk hal yang berkaitan dengan sosial, budaya, ekonomi dan keamanan.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo merencanakan pembangunan 421 BTS baru di 421 desa/kelurahan di Provinsi NTT. Pada tahun 2021. Pada 2021 direncanakan akan ada tambahan BTS USO dengan layanan 4G sejumlah 421 Lokasi baru, sehingga akumulasi jumlah BTS USO di area NTT sejumlah 572 lokasi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan percepatan pembangunan infrastruktur TIK di Manggarai Barat yang menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan saat ini pemerintah tengah fokus untuk meningkatkan rasio dan menurunkan disparitas internetifikasi di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di KEK. Di Provinsi NTT, masih terdapat 645 desa dan kelurahan blankspot yang belum terjangkau sinyal 4G.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top