Luncurkan Aplikasi Palapa, XecureIT Jamin Keamanan Data Pengguna

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 25 September 2020 | 08:55 WIB
CEO XecureIT Gildas Deograt Lumy (kanan) usai menandatangani naskah kerja sama, di Jakarta, Kamis (20/9/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
CEO XecureIT Gildas Deograt Lumy (kanan) usai menandatangani naskah kerja sama, di Jakarta, Kamis (20/9/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi) meluncurkan aplikasi Palapa untuk Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS. Aplikasi ini merupakan generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia (PS), yang menawarkan keamanan dan privasi bagi penggunanya.

Pendiri XecureIT Gildas Deograt mengatakan bahwa Palapa memiliki keunggulan dalam hal keaman. Palapa dirancang dengan fungsi dasar anti-hijacking, keamanan pesan, panggilan suara dan panggilan video serta penyimpanan data terenkripsi.

“Pengembangan Palapa didasari Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi [SAKTTI] guna mendukung norma baru bekerja di mana pun dan transformasi digital bagi korporasi maupun institusi pemerintah,” kata Gildas dalam siaran pers, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, Peneliti Senior XecureIT Onno W. Purbo mengatakan aplikasi Palapa dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan perlindungan data pribadi, akselerasi ekonomi digital, ketahanan nasional dan kedaulatan siber Indonesia secara bersamaan.

Palapa, kata Onno, yang dilengkapi modul fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange, merupakan solusi platform digital nasional bagi tantangan mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).

“Palapa juga solusi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perhitungan Elektronik Pilkada maupun Pilpres yang membutuhkan integritas sangat tinggi,” kata Onno.

Sekadar catatan, XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi) adalah perusahaan penyedia layanan serta solusi pertahanan siber dan keamanan informasi di Indonesia yang dirintis sejak 2005, dan mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 dengan lingkup seluruh layanannya sejak 2012.

XecureIT didirikan oleh sejumlah pakar teknologi informasi nasional yang fokus di bidang keamanan informasi. XecureIT telah menangani berbagai proyek skala nasional maupun global – di sektor swasta, BUMN, pemerintah, dan secara khusus sektor migas, keuangan, pertahanan dan keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper