Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Luncurkan Aplikasi Palapa, XecureIT Jamin Keamanan Data Pengguna

XecureIT meluncurkan aplikasi Palapa yang menawarkan keamanan dan privasi bagi penggunanya.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 25 September 2020  |  08:55 WIB
CEO XecureIT Gildas Deograt Lumy (kanan) usai menandatangani naskah kerja sama, di Jakarta, Kamis (20/9/2018). - JIBI/Dedi Gunawan
CEO XecureIT Gildas Deograt Lumy (kanan) usai menandatangani naskah kerja sama, di Jakarta, Kamis (20/9/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi) meluncurkan aplikasi Palapa untuk Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS. Aplikasi ini merupakan generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia (PS), yang menawarkan keamanan dan privasi bagi penggunanya.

Pendiri XecureIT Gildas Deograt mengatakan bahwa Palapa memiliki keunggulan dalam hal keaman. Palapa dirancang dengan fungsi dasar anti-hijacking, keamanan pesan, panggilan suara dan panggilan video serta penyimpanan data terenkripsi.

“Pengembangan Palapa didasari Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi [SAKTTI] guna mendukung norma baru bekerja di mana pun dan transformasi digital bagi korporasi maupun institusi pemerintah,” kata Gildas dalam siaran pers, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, Peneliti Senior XecureIT Onno W. Purbo mengatakan aplikasi Palapa dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan perlindungan data pribadi, akselerasi ekonomi digital, ketahanan nasional dan kedaulatan siber Indonesia secara bersamaan.

Palapa, kata Onno, yang dilengkapi modul fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange, merupakan solusi platform digital nasional bagi tantangan mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).

“Palapa juga solusi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perhitungan Elektronik Pilkada maupun Pilpres yang membutuhkan integritas sangat tinggi,” kata Onno.

Sekadar catatan, XecureIT (PT IMAN Teknologi Informasi) adalah perusahaan penyedia layanan serta solusi pertahanan siber dan keamanan informasi di Indonesia yang dirintis sejak 2005, dan mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 dengan lingkup seluruh layanannya sejak 2012.

XecureIT didirikan oleh sejumlah pakar teknologi informasi nasional yang fokus di bidang keamanan informasi. XecureIT telah menangani berbagai proyek skala nasional maupun global – di sektor swasta, BUMN, pemerintah, dan secara khusus sektor migas, keuangan, pertahanan dan keamanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top