Apple Luncurkan Watch Series 6, Bisa Ukur Oksigen Dalam Darah

Newswire
Rabu, 16 September 2020 | 14:21 WIB
Apple mengumumkan Watch Series 6 dalam peluncuran virtual, Rabu WIB. (apple.com)
Apple mengumumkan Watch Series 6 dalam peluncuran virtual, Rabu WIB. (apple.com)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple meluncurkan seri terbaru dari arloji pintarnya, yaitu Watch Series 6 yang memiliki kemampuan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.  

"Dengan Apple Watch Series 6 Anda dapat mengukur kadar oksigen dalam darah langsung di pergelangan tangan Anda," ujar Chief Operating Officer, Jeff Williams, dikutip dari Antara, Rabu (16/9/2020).

Sensor baru pada Watch Series 6 yang berwarna merah dan memancarkan sinar pada bagian belakang perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengukur refleksi sinar.

Lebih lanjut, algoritma menggunakan data ini untuk menghitung warna darah yang mengindikasikan jumlah oksigen. Pengukuran kadar oksigen dalam darah tersebut dapat dilakukan dalam 15 detik.

Fitur tersebut juga mampu berjalan di latar belakang dan membaca secara periodik sehingga dapat mengukur kadar oksigen dalam darah saat tidur.

VP Health Apple, Sumbul Ahmad Desai, menjelaskan bahwa kadar oksigen dalam darah atau yang dikenal dengan SpO2 menjadi penanda penting untuk mengetahui informasi seputar pernapasan dan sirkulasi darah. 

"Apple Watch telah menjadi alat kesehatan, dengan pengukur denyut nadi dan ritme jantung, dan kini menambahkan pengukur oksigen dalam darah," ujar Sumbul.

Istilah oksigen dalam darah menjadi populer belakangan ini saat pandemi Covid-19. Pengukuran oksigen dalam darah menjadi indikasi seberapa baik fungsi paru-paru dalam menyebarkan oksigen saat bernapas.

Apple Luncurkan Watch Series 6, Bisa Ukur Oksigen Dalam Darah

Selain kemampuan tersebut, WatchOS 7 pada Apple Watch Series 6 juga membawa sejumlah fitur baru, yaitu kemampuan melacak kualitas tidur dan kemampuan deteksi otomatis saat mencuci tangan.

Hal itu dilakukan dengan mendeteksi gerak dan suara saat mencuci tangan, serta mendorong pengguna untuk mencuci tangan selama 20 detik.

Kemampuan tersebut dimungkinkan berkat teknologi di dalam Watch Series 6 yang dinamai "System in Package". Sistem yang di dalamnya termasuk chipset Bionic A13 ditanamkan pada iPhone 11 dan saat ini disempurnakan untuk Appple Watch.

Apple Watch Series 6 juga diklaim memiliki kemampuan 20 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Arloji pintar tersebut juga memiliki kemampuan Always-On Display yang lebih baik yang memudahkan untuk melihat jam di bawah terik matahari.

Dari segi desain, Apple membawa warna baru pada Watch Series 6, yaitu blue aluminium, gold stainless steel, gray-black stainless steel yang dinamai Graphite, dan untuk pertama kalinya pada Apple Watch (PRODUCT) RED.

Series 6 juga membawa sejumlah Watch Face baru, termasuk GMT face yang menampilkan zona waktu berbeda dalam satu layar dan Memoji Face yang menampilkan Memoji pada arloji pintar tersebut.

WatchOS 7 membawa pembaruan bagi pengembang untuk menghadirkan antarmuka sesuai profesi. Salah satunya kemampuannya yakni untuk mengetahui posisi matahari bagi fotografer.

Tak lupa, Apple menghadirkan desain baru untuk tali arloji, yaitu Solo Loop yang terbuat dari karet silikon tanpa gesper dalam tujuh varian warna.

Apple Watch Series 6 dibanderol dengan harga US$399 dolar AS atau sekitar Rp5,9 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper