Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Paket Kuota Gratis dari Operator, Kenali Perbedaannya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya menghadirkan kuota gratis dan terjangkau kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 September 2020  |  18:17 WIB
Guru memberikan materi saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara daring di SMA Negeri 8 Jakarta, Senin (13/7/2020). Kegiatan MPLS dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Guru memberikan materi saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara daring di SMA Negeri 8 Jakarta, Senin (13/7/2020). Kegiatan MPLS dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA – Operator seluler berlomba menghadirkan kuota internet gratis kepada peserta didik dan pengajar untuk mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya menghadirkan kuota gratis dan terjangkau kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Adapun besaran kuota yang diterima untuk siswa sebesar 35GB, guru sebesar 40GB, dosen dan mahasiswa masing-masing 50GB.

Lantas apa perbedaan kuota gratis yang diberikan oleh masing-masing operator?

XL Axiata

XL Axiata melalui AXIS menawarkan kuota sebesar 55GB kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen dengan harga Rp1. Kutoa tersebut berlaku selama 24 jam khusus untuk periode September – Desember 2020.

Kuota dengan total 55GB tersebut terbagi atas 15 GB kuota utaman untuk semua aplikasi, dan 40 GB khusus untuk aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp dan Line.

Untuk mendapatkan kuota ini pelanggan harus mengunduh dahulu aplikasi AXISNet. Pelanggan bisa menerima fasilitas ini jika terdaftar sebagai penerima bantuan kuota gratis Kemendikbud.

Adapun untuk pelanggan pascabayar XL Prioritas, kuota gratis ini dapat diperoleh dari aplikasi myXLpostpaid. Pengguna dapat menerima kuota gratis dengan besaran yang sama yaitu 55GB seharga Rp1. Kuota gratis ini hanya dapat diaktifkan satu kali.

3 Indonesia

PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia memberikan kuota gratis sebesar 50 GB + 30GB kepada mahasiswa dan dosen.

Kuota 50 GB tersebut murni untuk mendukung akses pendidikan  seperti LMS Diknas, Google Classroom, Edmodo, Zenius, Ruangguru, dan aplikasi belajar lainnya.

Kuota data ini akan langsung diterima oleh mahasiswa dan dosen ketika bantuan subsidi kuota dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diturunkan.

Tidak hanya itu, setiap mahasiswa dan dosen juga berpeluang mendapatkan bonus kuota sebesar 36GB dengan 10 GB merupakan kuota utama untuk semua aplikasi dan dan 26GB khusus untuk aplikasi edukasi. Bonus kuota tersebut akan diberikan ketika mahasiswa/dosen menerima notifikasi SMS dari Tri.

Dalam mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, 3 Indonesia juga telah melakukan pembagian kartu perdana ke seluruh sekolah dan universitas di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun, untuk mendapatkan kuota tersebut, pelanggan hanya perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu 3 sebelum tanggal 15 September 2020 melalui pendataan di sekolah ataupun universitas.

Selain itu, 3 Indonesia juga memberikan promo cashback sebesar 20 persen setiap isi ulang pulsa selama periode September - Desember 2020 atau sesuai periode pengadaan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

Indosat

PT Indosat Tbk. menghadirkan paket pintar IMClass dengan kuota data sebesar 30GB seharga Rp 1. Berlaku selama 30 hari, paket ini diperuntukan bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar.

Paket data sebesar 30 GB tersebut khusus untuk untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Quipper, Zenius, Rumah Belajar, Sekolahmu dan 300 lebih portal e-learining lainnya.

Sama seperti operator lainnya, untuk mendapat paket ini pengguna harus terdaftar terlebih dahulu sebagai penerima bantuan kuota pembelajaran jarak jauh dari pemerintah.

Telkomsel

PT Telekomunikasi Selular meluncurkan paket belajar dengan kuota sebesar 10GB senilai Rp 10 yang berlaku selam 30 hari.

Paket ini bisa digunakan untuk menggakses sejumlah platform seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom, dan ratusan situs belajar daring yang dikelola kampus dan sekolah hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Paket Kuota Belajar dapat diakses khusus oleh pengguna layanan prabayar Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#.

Smartfren (FREN)

PT Smartfren Telecom Tbk. berencana membagikan 1 juta kartu perdana 1ON+ untuk siswa dan guru. Kartu perdana 1ON+ merupakan memiliki masa aktif yang panjang hingga 365 hari dengan bonus kuota mingguan hingga total 52 GB, pilihan voucher data mulai 1 GB hingga 30 GB. Kuota tersebut merupakan kuota utama yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk aplikasi belajar daring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet kemendikbud
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top