Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

MDI Yakin Pendanaan Seri B Tetap Tumbuh

MDI menyebut arus pendanaan di putaran seri B ke atas pada kuartal II/2020 tetap tumbuh terutama yang memiliki model bisnis baik, pasar benar, dan skalabilitas yang terbukti.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  17:56 WIB
Ilustrasi - investama.co.id
Ilustrasi - investama.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Metra Digital Investama (MDI) menilai bahwa arus pendanaan di putaran seri B ke atas pada kuartal II/2020 tetap tumbuh.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan bahwa selama ini dalam menyalukan pendanaan perseroan banyak berfokus pada pendanaan series A dan B. MDI Ventures tidak merasa bahwa pendanaan di seri A dan seri B melandai ataupun menurun.

Donald mengatakan bahwa prospek pendanaan di semester II masih cukup bagus, terutama setelah MDI mendapat dana segar dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero). Perseroan masih akan terus menambah jumlah perusahaan rintisan yang memperoleh pendanaan dari MDI Venture, dilakukan secara cermat dan tepat.

Saat ini MDI Ventures telah menyalurkan pendanaan kepada 44 perusahaan rintisan, Donald mengatakan bahwa pihaknya dalam masih dalam jalur untuk menambah sekitar 10 perusahaan rintisan lagi sebagaimana yang terjadi tiap tahunnya.

“Tidak merasa trennya turun sih. Jadi mungkin karena kami memang suka series B atau datanya Cento kurang lengkap,” kata Donald kepada Bisnis.com, Kamis (27/8/2020).

Dia menambahkan strategi Telkom agar putaran pendanaan seri B tidak didominasi oleh segelintir perusahaan saja, adalah dengan menyiapkan modal ventura korporasi (Corporate Ventura Capital) penanding -- seperti MDI -- yang sama kuatnya dan sama kemauannya untuk berpartisipasi di pendanaan seri B, di perusahaan yang layak dan punya dominasi di Indonesia.

Lebih dari itu, sambungnya, perseroan juga sedang menyiapkan strategi kerja sama antara perusahaan-perusahaan yang mendapat investasi dari MDI Ventures dengan Telkom dan BUMN lainnya, sehingga akan membantu perusahaan-perusahaan rintisan berkembang cepat, dan menaikkan revenue digital di Telkom.

Menurutnya perusahaan rintisan dengan putaran seri B ke atas, terbukti memiliki model bisnis yang baik, pasar yang benar, skalabilitas yang terbukti. Ini menjadi prioritas MDI Venture.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top