Kapan Sinyal Telkomsel di Pekanbaru Pulih? Ini Jawabannya

Akbar Evandio
Rabu, 12 Agustus 2020 | 15:17 WIB
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS), Kamis (14/9)./JIBI-Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS), Kamis (14/9)./JIBI-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mengaku belum bisa memastikan kapan layanan dan sinyal Telkomsel di Kota Pekanbaru bisa pulih usai mengalami gangguan sejak kemarin (11/8/2020) sore.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan hingga saat ini perusahaan masih terus mempercepat upaya pemulihan layanan baik mobile maupun fixed broadband pasca kebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum.

“Untuk Kota Pekanbaru, kami masih melakukan pemulihan secara bertahap dengan pengalihan trafik melalui by pass system. Kami upayakan bisa selesai secepatnya,” kata Arif kepada Bisnis.com, Rabu (12/8/2020).

Dia menuturkan jaringan di area Kota Pekanbaru masih melakukan proses pemulihan dengan pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di Pekanbaru, memanfaatkan redundant system yang ada yakni tujuh titik NGN di Sumatera dengan dua sistem transmisi backbone di darat dan dua sistem backbone kabel laut.

Redundant system atau sistem rekayasa jaringan merupakan sebuah sistem yang berguna untuk mengantisipasi ketika terjadi gangguan jaringan. Sistem ini mengatur peralihan jaringan, sehingga satu jaringan terputus maka dapat mengalir lewat jalur lainnya, sehingga layanan yang diberikan tetap terjaga.

Menurutnya, dengan adanya redundant system ini memungkinkan proses pemulihan layanan dapat dilakukan lebih cepat. Namun, belum dapat memastikan kapan jaringan di area Pekanbaru kembali pulih.

Dia mengatakan bahwa khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru masih terus diupayakan pemulihannya melalui proses re-engineering jaringan sehubungan dengan terdampaknya perangkat di lokasi STO.

Sekedar informasi, peristiwa kebakaran di STO Pekanbaru Centrum terjadi pada Selasa, Agustus 2020 sekitar pukul 15.00 WIB dan api berhasil dipadamkan pada pukul 15.51 WIB. Kebakaran yang diduga berasal dari ruangan perangkat ini masih ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper