Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lelang Frekuensi 2300 MHz, Ini Respons XL Soal Akuisisi Berca

XL Axiata menyambut baik usulan soal akuisisi Berca Hardayaperkasa di samping mengkaji aturan menteri terkait dengan penggunaan spektrum frekuensi 2300 MHz.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 09 Agustus 2020  |  19:41 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. masih mengkaji soal rancangan peraturan menteri komunikasi dan informatika penggunaan spektrum frekuensi 2300 MHz. Begitu pun dengan usulan akuisisi PT Berca Hardayaperkasa guna mendapat manfaat yang optimal dari lelang frekuensi 2300 MHz.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengaku masih mempelajari mengenai Rancangan Peraturan Menteri (RPM) penggunaan spektrum frekuensi 2300 MHz.

Dia menyambut baik masukan dari publik mengenai usulan negoisasi atau akuisisi Berca untuk mendapatkan hasil yang optimal dari lelang frekuensi nantinya. Kerja sama yang terjalin bersifat business to business (B2B) agar kedua perusahaan saling memberikan manfaat.

“Mengenai kerja sama antar penyelenggara merupakan kesepakatan B2B yang diharapkan dapat memberikan manfaat bersama,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Minggu (9/8/2020).

Dia menegaskan bahwa XL akan mengikuti lelang pita frekuensi radio 2300 MHz yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebagai sumber daya yang terbatas, XL masih membutuhkan spektrum frekuensi tambahan untuk memperluas dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Saat ini, XL tengah memanfaatkan lebar pita sebesar 45 MHz yang tersebar di 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz. Dengan jumlah lebar pita tersebut, hingga kuartal I/2020, XL mampu melayani 55,5 juta pelanggan.

XL menempati urutan ketiga sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbanyak setelah Indosat dan Telkomsel.

“XL Axiata berminat, karena frekuensi merupakan sumber daya terbatas dan kami masih membutuhkan untuk perluasan kapasitas jaringan XL Axiata,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top