Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perlunya Tingkatkan Jaringan Internet di Masa New Normal

Berbeda dengan router konvensional, access point merupakan perangkat jaringan yang bertindak sebagai portal bagi perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  23:24 WIB
Ilustrasi - Suasana kantor cabang bank ICBC Indonesia - indonesia.icbc.com
Ilustrasi - Suasana kantor cabang bank ICBC Indonesia - indonesia.icbc.com

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas yang mulai terbuka di sejumlah kantor pada saat adaptasi kebiasaan baru atau new normal ternyata membuat kebutuhan internet di kantor kian penting karena melayani para karyawan yang sebagian bekerja di kantor dan sebagian lagi di rumah.

Sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan (PMK) No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi, perusahaan perlu menyusun protokol baru yang harus dijalankan, tidak hanya soal tempat kerja yang aman dan sehat dengan memperhatikan higienitas dan sanitasi lingkungan.

Selain itu, perusahaan juga mengatur siapa saja karyawan yang diprioritaskan bekerja di kantor dan karyawan yang melanjutkan Work from Home (WFH). Dalam situasi ini, pengembangan infrastruktur pendukung, komunikasi yang lancar dan aman, serta dorongan untuk memacu produktivitas, tetapi tetap aman, sangat dibutuhkan.

Apalagi hampir semua interaksi harus dilakukan secara daring mulai dari absensi, pengecekan karyawan, virtual meeting, komunikasi dan lainnya, yang artinya membutuhkan internet yang tangguh.

Yoshia, Marketing Manager TP-Link Indonesia mengatakan ketika aktivitas perkantoran sudah kembali dibuka, perusahaan perlu meng-upgrade perangkat jaringan internet untuk mendukung berbagai aktivitas dalam tatanan kehidupan baru.

“Jika tidak, bisnis mereka akan terkendala, dan akan sulit untuk mengejar ketertinggalan selama 4 bulan masa PSBB maupun persaingan yang makin ketat kedepan,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (5/8/2020).

Yoshia mengatakan, tidak sedikit perusahaan yang meminta upgrade device jaringan, terutama yang paling banyak disukai adalah perangkat perangkat dari kategori Small Medium Business (SMB).  

Produk SMB ini hadir karena perangkat router biasa tidak dapat menunjang kebutuhan internet di lingkungan yang lebih kompleks seperti gedung perkantoran.

“Lingkungan seperti ini membutuhkan manajemen perangkat jaringan yang lebih advance. Dan yang lagi popular dicari saat ini adalah access point. Sebab, perusahaan harus melayani karyawan di kantor dan di rumah sekaligus serta pemanfaatan untuk  kebutuhan internet yang makin besar terkait pemasaran,” tuturnya

Berbeda dengan router konvensional, access point merupakan perangkat jaringan yang bertindak sebagai portal bagi perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal, serta digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel dan meningkatkan jumlah klien yang dapat terhubung.

Access point keluaran TP-Link Indonesia yang sedang laris di pasaran saat ini adalah EAP225. Sedangkan untuk pelengkapnya yang paling dicari adalah Power over Ethernet (PoE) Switch yaitu teknologi untuk mengirimkan daya listrik, bersama dengan data, ke perangkat jarak jauh melalui kabel twisted-pair standar dalam jaringan Ethernet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top