Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Axiata (EXCL) Perkuat Jaringan di Tol Balikpapan-Samarinda

Lebih dari 190 BTS XL Axiata dilaporkan telah beroperasi dan melayani pengguna tol pertama di Kalimantan sepanjang 99,35 kilometer tersebut.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  17:38 WIB
Ilustrasi: Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Ilustrasi: Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di sepanjang jalan tol Balikpapan—Samarinda yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2019.

Lebih dari 190 BTS (base transceiver station) XL Axiata dilaporkan telah beroperasi dan melayani pengguna tol pertama di Kalimantan sepanjang 99,35 kilometer tersebut. Dari total 190 BTS, lebih dari 80 BTS di antaranya adalah BTS 4G LTE.

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata (EXCL) I Gede Darmayusa mengatakan bahwa keberadaan jalan tol Balikpapan—Samarinda (Balsam) akan sangat vital bagi mobilitas masyarakat Kalimantan Timur saat ini dan ke depan, terutama pada saat pembangunan ibu kota negara baru di wilayah Penajam Paser Utara mulai dikerjakan.

"Oleh karena itu, kami terus melakukan pembangunan jaringan di sepanjang tol Balsam agar nanti bisa secara maksimal memenuhi kebutuhan pelanggan di sana," ujar Darmayusa melalui siaran pers, Jumat (3/7/2020).

Dia menambahkan bahwa pembangunan jaringan masih akan terus dilakukan mengikuti kebutuhan pelanggan yang menggunakan jalan bebas hambatan tersebut serta masyarakat yang bermukim di sekitarnya.

Saat ini, jaringan data XL Axiata telah tersedia di 9 kota/kabupaten di Kalimantan Timur, dengan dukungan total lebih dari 2.200 BTS, termasuk lebih dari 890 BTS merupakan BTS 4G LTE.

Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan data XL Axiata, antara lain di Kalimantan Timur meliputi Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Selain itu, XL Axiata juga siap membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi sesuai dengan rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol baru terusan dari Samarinda—Bontang sepanjang 60 km yang nantinya menghubungkan wilayah ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara serta juga akan terkoneksi dengan jalan tol Balsam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata tol balikpapan-samarinda
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top