Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi peretasan data pribadi. - Bloomberg/Luke MacGregor
Premium

PeduliLindungi, Antara Covid-19 dan Perlindungan Data Pribadi

24 Juni 2020 | 16:31 WIB
Isu perlindungan data pribadi di Indonesia kembali mencuat setelah muncul kabar bocornya data pengguna aplikasi pelacak penyebaran Covid-19 PeduliLindungi, yang dikembangkan pemerintah. Apa beda implementasi perlindungan data pribadi di Indonesia dengan di negara lain?

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny Gerard Plate masih tetap kukuh dengan pendiriannya terkait keamanan aplikasi PeduliLindungi.

Saat menghadiri rapat di Gedung DPR Senayan, Senin (22/6/2020), dia menegaskan kepada anggota parlemen bahwa mereka tak perlu khawatir soal isu kebocoran data pengguna aplikasi itu.

“Kami bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), setelah dilakukan asesmen dan evaluasi keamanan secara menyeluruh, PeduliLindungi aman dan tidak ada kebocoran data," ujarnya.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan pemerintah untuk membantu instansi terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Johnny boleh yakin PeduliLindungi aman. Tapi masalahnya, sejak pekan lalu, di forum daring RaidForums telah beredar penjualan data yang disebut-sebut berisi informasi lengkap para pengguna aplikasi besutan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) tersebut.

Paket data itu dibanderol dengan harga mulai dari US$300 atau setara Rp4,2 juta. Untuk meyakinkan bahwa data itu bukan tipuan, penjual menyertakan sampel beberapa nama pemakai aplikasi di daerah Jakarta, Bandung, dan sekitarnya berikut riwayat kesehatan masing-masing.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top