Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Adu Tangguh Ponsel Gaming Kelas Menengah, Realme Narzo VS Xiaomi Redmi Note 9

Pekan ini, Realme meluncurkan Narzo, ponsel kelas menengah yang menyasar kalangan muda penggemar gim mobile.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  08:44 WIB
Realme Narzo vs Xiaomi Redmi Note 9
Realme Narzo vs Xiaomi Redmi Note 9

Bisnis.com, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri jika memilih ponsel Android kelas menengah atau mid-end saat ini bukan perkara mudah. Pasalnya sejumlah pabrikan, terutama pabrikan asal China tak henti-hentinya meluncurkan ponsel terbaru di kelas tersebut.

Pekan ini, Realme meluncurkan Narzo, ponsel kelas menengah yang menyasar kalangan muda penggemar gim mobile. Narzo hadir dengan layar IPS LCD 6,5 inci Full HD yang kemampuan refresh rate-nya mencapai 90hz. Lebih tinggi dibandingkan ponsel sekelasnya yang kebanyakan refresh ratek-nya berada di angka 60hz.

Dari sisi dapur pacu, Narzo ditenagai oleh chipset gaming kelas menengah MediaTek Helio G90T dengan RAM berkapasitas 4GB. Adapun, penyimpanan internalnya berkapasitas 128GB dan bisa diekspansi menggunakan microSD sampai dengan 256GB.

Berbicara mengenai Helio G90T, tak dapat dilepaskan dari keluhan terkait dengan suhu. Chipset 12nm dengan delapan inti itu selama ini dikenal mudah panas ketika menjalankan gim berat atau menonton video dengan resolusi tinggi.

Tentunya hal tersebut perlu Anda jadikan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk meminang Narzo.

Untuk kapasitas baterainya, Narzo mengusung baterai berkapasitas 4.300mAh. Kapasitas yang tak bisa dibilang besar itu terbantu oleh pengisian daya cepat 30W. Selain itu, disematkan pula teknologi yang memungkinkan ponsel digunakan untuk bermain gim saat proses pengisian daya.

Dari sisi fotografi, Realme menghadirkan spesifikasi kamera yang ciamik. Kamera belakang Narzo terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide angle 8MP, lensa kedalaman (depth) B/W 2MP, dan lensa makro 2MP.

Adapun, kamera depannya beresolusi 16MP yang didukung dengan fitur kecerdasan buatan ditempatkan dalam lubang kecil atau punch hole di ujung kiri layar. Kamera depan maupun belakang Narzo didukung UIS Video Stabilization untuk membantu pengambilan gambar dalam posisi bergerak.

Kemudian untuk desainnya, Narzo terkesan premium lantaran memiliki aksen garis mengkilap. Terdapat dua warna yang bisa dipilih, yakni hitam dan putih.

Narzo dibanderol dengan harga Rp2,999 juta dan bisa dibeli secara daring di situs resmi Realme Indonesia serta platform dagang el Shopee dan Akulaku. Namun, lewat flash sale, Anda bisa membawa pulang ponsel tersebut dengan harga Rp2,799 juta saja.

“Untuk Narzo kami pastikan penjualan hanya dilakukan secara online dan ini akan memberi konsumen pilihan baru dalam memilih smartphone,” kata Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi.

Sementara itu, Xiaomi sepekan sebelumnya merilis Redmi Note 9 yang tak lain adalah penerus dari Redmi Note 8. Dimensinya nyaris sama seperti Narzo karena mengusung layar IPS LCD 6,53 inci Full HD.

Untuk urusan layar, di atas kertas Xiaomi harus mengakui keunggulan Narzo. Pasalnya, Redmi Note 9 masih menggunakan layar dengan kemampuan refresh rate 60hz.

Demikian halnya dengan dapur pacunya, Redmi Note 9 mengusung chipset Mediatek Helio G85. Chipset 12 nm dengan delapan inti tersebut merupakan pengembangan dari Helio G80 yang tak lain adalah pendahulu Helio G90T.

Helio G85 menawarkan performa yang lebih baik dari Helio G80 dengan penggunaan daya yang diklaim lebih efisien.

Redmi Note 9 hadir dengan RAM 4/6GB dan kapasitas penyimpanan internal 128GB yang bisa diekspansi hingga 512GB. Tentunya dalam hal ini jauh lebih unggul dari Narzo.

Adapun, untuk baterainya Redmi Note 9 unggul dengan baterai berkapasitas 5020mAh. Sayangnya, kemampuan pengisian daya cepatnya hanya 18W. Alhasil, proses pengisian dayanya jauh lebih lama dibandingkan dengan Narzo.

Sebagai catatan, baik Narzo maupun Redmi Note 9 sama-sama sudah menggunakan konektor USB type-C.

Spesifikasi kamera Redmi Note 9 memiliki kemiripan dengan Narzo. Kamera belakangnya terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide angle 12MP, lensa depth 2MP, dan lensa makro 2MP. Adapun, kamera depannya resolusinya hanya 13MP dan ditempatkan dalam punch hole di ujung kiri layar.

Kamera belakang dan depan Redmi Note 9 belum didukung fitur image stabilization untuk mempermudah pengambilan gambar dalam kondisi bergerak.

Di bawah kamera terdapat pemindai sidik jari untuk membuka kunci. Di Narzo pemindai sidik jari berada di bagian samping kanan. Untuk hal ini, tentunya kembali pada kebiasaan masing-masing, mana yang sekiranya paling nyaman.

Redmi Note 9 menawarkan tiga varian warna, yaitu Midnight Grey, Forest Green, Polar White dengan nuansa mengkilap tanpa adanya aksen apapun.

Redmi Note 9 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dijual Rp 2,499 juta. Sedangkan untuk RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan harga Rp 2,899 juta. Keduanya dapat dibeli secara daring atau luring melalui ritel modern maupun tradisional.

Pilihan tentunya ada di tangan Anda, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Namun yang jelas, keduanya bukan pilihan bagi Anda yang senang bertransaksi menggunakan near field communication (NFC). Karena fitur tersebut tidak tersedia di kedua ponsel tersebut. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget redmi 1s
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top