Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

NASA Pilih Astrobotic Kirim VIPER ke Bulan

VIPER (volatiles investigating polar exploration rover) atau kendaraan robot VIPER pencari air akan membantu membuka jalan bagi misi astronot ke permukaan bulan pada 2024.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  08:30 WIB
NASA - Nasa gov
NASA - Nasa gov

Bisnis.com, MANADO—NASA akahirnya memilih Astrobotic Technology yang berbasis di Pittsburg, AS dengan nilai kontrak US$199,5 juta untuk mengirimkan VIPER ke kutub selatan bulan pada akhir 2023.

VIPER (volatiles investigating polar exploration rover) atau kendaraan robot VIPER pencari air akan membantu membuka jalan bagi misi astronot ke permukaan bulan pada 2024.

Langkah tersebut akan membawa NASA selangkah lebih dekat untuk mengembangkan kehadiran jangka panjang yang berkelanjutan di bulan sebagai bagian dari misi Artemis.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengungkapkan rover VIPER dan kemitraan komersial yang akan mengirimkannya ke bulan adalah contoh utama bagaimana komunitas ilmiah dan industri AS membuat visi eksplorasi bulan NASA menjadi kenyataan.

"Mitra komersial mengubah lanskap eksplorasi ruang angkasa, dan VIPER akan menjadi dorongan besar bagi upaya kami untuk mengirim wanita pertama dan pria berikutnya ke permukaan bulan pada tahun 2024 melalui program Artemis," katanya dalam keterangan resminya NASA, dikutip Bisnis, Jumat (12/6/2020).

Penerbangan VIPER ke Bulan adalah bagian dari inisiatif Commercial Lunar Payload Services (CLPS), yang memanfaatkan kemampuan mitra industri untuk dengan cepat mengirimkan instrumen ilmiah dan demonstrasi teknologi ke Bulan.

Astrobotic bertanggung jawab atas layanan end-to-end untuk pengiriman VIPER, termasuk integrasi dengan pendarat Griffin-nya, peluncuran dari Bumi, dan mendarat di Bulan.

Selama misi 100 hari Bumi, penjelajah VIPER seberat 1.000 pon akan berkeliaran beberapa mil dan menggunakan empat instrumen sainsnya untuk menjajal berbagai lingkungan tanah.

Versi tiga instrumen pemburu air, terbang ke Bulan pada pengiriman CLPS yang dilakukan pada 2021 dan 2022 untuk membantu menguji kinerja mereka di permukaan bulan sebelum misi VIPER. Rover juga akan memiliki bor untuk melobangi sekitar 3 kaki permukaan bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa bulan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top