Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kejar Pengembangan 5G, Nokia Tunjuk Direksi Baru

Nokia Oyj menunjuk Marco Wiren untuk menjabat chief financial officer guna mendukung ekspansi perusahaan teknologi tersebut di teknologi 5G.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  16:21 WIB
Logo Nokia di Mobile World Congress 2019 di Amerika Serikat. - Bloomberg
Logo Nokia di Mobile World Congress 2019 di Amerika Serikat. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Nokia Oyj menunjuk chief financial officer baru sebagai bagian dari upaya mengejar ketertinggalan pengembangan jaringan 5G dengan para pesaingnya.

Marco Wiren akan bergabung dengan Nokia sebagai CFO pada 1 September 2020. Di hari yang sama, Pekka Lundmark juga mulai bekerja sebagai CEO Nokia Oyj.

Wiren akan menggantikan Kristian Pullola, CFO yang menjabat sejak 2017 yang akan mengundurkan diri pada 31 Agustus 2020 dan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun setelah masa transisi.

Nokia telah berjuang untuk bersaing dengan rivalnya Ericsson AB dan Huawei Technologies Co. untuk memasok operator jaringan 5G ke seluruh dunia.

Perusahaan telekomunikasi asal Finlandia itu mengalami keterlambatan desain produk dan mendulang biaya yang lebih tinggi untuk memasok peralatan. Hal itu telah mengikis margin dan menghabiskan anggaran perusahaan.

Akibatnya, Nokia tahun lalu menghentikan pembayaran dividen untuk meningkatkan investasi ke teknologi 5G.

Wiren sebelumnya bekerja untuk perusahaan teknologi Wartsila Oyj, di mana dia memimpin unit bisnis energi. Dia juga memegang peran CFO di Wartsila, SSAB dan Eltel Networks Oy.

"Dia memiliki pengalaman keuangan dan kepemimpinan yang mendalam, fokus yang tajam dalam mendorong keunggulan operasional, dan catatan keberhasilan yang ditunjukkan, serta latar belakang yang luas dalam bisnis-ke-bisnis dan perusahaan teknologi," kata Lundmark dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Bloomberg, Kamis (11/6/2020).

Pengalaman itu akan menunjang upaya Nokia menjalin bisnis baru dari aplikasi industri teknologi 5G. Bisnis tersebut termasuk jaringan pribadi untuk perusahaan yang memungkinkan otomatisasi pabrik yang lebih tepat dengan robot dan kecerdasan buatan. Selain itu juga pengembangan internet of things yang memungkinkan benda berkomunikasi melalui internet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi nokia teknologi 5G

Sumber : Bloomberg

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top