Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Zoom Tingkatkan Keamanan Aplikasi Untuk Pengguna Berbayar

Zoom Video Communications Inc. berencana memperkuat sistem enkripsi layanan bagi pengguna dan institusi yang mengakses aplikasi tersebut secara berbayar.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 31 Mei 2020  |  16:00 WIB
Zoom telah menetapkan rencana 90 hari untuk memperbaiki masalah keamanan. Sementara ini Zoom menghadapi lonjakan trafik tiga puluh kali lipat dan membutuhkan daya komputasi yang lebih besar. REUTERS
Zoom telah menetapkan rencana 90 hari untuk memperbaiki masalah keamanan. Sementara ini Zoom menghadapi lonjakan trafik tiga puluh kali lipat dan membutuhkan daya komputasi yang lebih besar. REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Zoom Video Communications Inc. berencana memperkuat sistem enkripsi layanan bagi pengguna dan institusi yang mengakses aplikasi tersebut secara berbayar.

Mengutip Bloomberg, Minggu (31/5/2020), perusahaan menyampaikan rencana tersebut ke beberapa kelompok aktivis hak asasi manusia dan pelecehan seksual terhadap anak pada Kamis (28/5/2020) lalu.

Rencana Zoom tersebut bertujuan memperbaiki kualitas sistem keamanan aplikasi sekaligus kepercayaan pengguna.

Seperti diketahui, penggunaan aplikasi Zoom melonjak secara global sejak pandemi virus corona (Covid-19) melanda. Namun, perusahaan mendapatkan tekanan yang cukup besar karena perangkat enkripsi yang dimiliki diketahui rentan setelah tidak jarang terjadi gangguan siber.

Perusahaan juga dituntut atas tuduhan menyembunyikan kesalahan dalam aplikasinya yang mana kasus-kasus troll online diketahui menyelinap masuk dan mengganggu pertemuan web dengan penyebaran ucapan kotor serta konten pornografi.

Merujuk pada laporan yang dikeluarkan Zoom pada 27 Mei 2020, perusahaan menyampaikan bakal fokus membangun sistem enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end) untuk produknya.

Selain itu, meskipun hanya pengguna berbayar yang memiliki akses ke sistem enkripsi anyar tersebut, semua pengguna tidak berbayar akan dilindungi oleh sistem enkripsi GCM 256-bit pada 30 Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keamanan siber Zoom Video Communications
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top