Perangi Perundungan Siber, Instagram Luncurkan Fitur Baru

Platform layanan berbagi foto dan video, Instagram meluncurkan rangkaian fitur baru untuk memerangi isu perundungan siber dan kesehatan mental.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  17:27 WIB
Perangi Perundungan Siber, Instagram Luncurkan Fitur Baru
Logo Instagram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Platform layanan berbagi foto dan video, Instagram meluncurkan rangkaian fitur baru untuk memerangi isu perundungan siber dan kesehatan mental.

Kepala Kebijakan Instagram Asia Pasifik, Philip Chua mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan fitur khusus bernama Guides, yang berisi kumpulan konten menenangkan terkait kesehatan mental, cara menjaga pikiran positif, anti-perundungan (bullying).

“Sebagai tahap awal, Instagram bekerja sama dengan beberapa organisasi kredibel dan konten kreator untuk membantu melakukan kurasi konten inspiratif di Guides. Di Indonesia, tab Guides sudah dapat dilihat di profil Instagram @sudahdong dan @arieltatum untuk memudahkan pengguna menemukan konten tersebut. Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Eksplor,” terangnya saat diskusi lewat konferensi video, Selasa (18/5/2020).

Selain itu, Philip menjelaskan serangkaian fitur lainnya yang akan diluncurkan Instagram. Menurutnya, ini perlu dilakukan sebagai komitmen berkelanjutan dalam membangun interaksi daring yang aman dan positif lewat platformnya.

Pertama, Manage comments

fitur ini bisa membantu pengguna untuk menghapus komentar negatif, memblokir maupun membatasi hingga 25 akun sekaligus. Pengguna bisa menggunakan fitur ini dengan menekan ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.

Kedua, Pin Your Favorite Comment

Instagram akan mengadakan uji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar positif di bagian paling atas. Komentar positif yang berada di bagian atas diharapkan dapat mendorong terciptanya interaksi positif dalam sebuah postingan.

Ketiga, Tag and Mention Controls

Fitur yang memungkinkan pengguna mengatur siapa saja orang yang bisa melakukan tag maupun menyebut mereka di Instagram.

“Memastikan anak muda merasa aman dan nyaman saat mengakses Instagram adalah hal yang penting bagi kami. Kami memahami isu perundungan dan kesehatan mental adalah isu yang kompleks bagi anak muda di era digital, terutama di tengah pandemi Covid-19. Kami juga ingin memastikan para pengguna memiliki kendali penuh dalam menciptakan interaksi yang positif di Instagram melalui peluncuran serangkaian fitur baru kami,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
facebook, instagram

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Rio Sandy Pradana
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top