Saingi Zoom, WhatsApp Siapkan Fitur Video Room Hingga 50 Peserta

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 13 Mei 2020 | 13:00 WIB
Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms. /Ilustrasi BISNIS.COM
Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms. /Ilustrasi BISNIS.COM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona, teknologi menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan komunikasi, baik dalam pekerjaan ataupun keluarga.

WhatsApp kini menjadi salah satu pilihan untuk komunikasi baik secara individu ataupun group. Apalagi, terdengar kabar WhatsApp versi web bakal semakin mirip platform telekonferensi Zoom.

Dikutip dari situs WABetaInfo Rabu (13/5/2020) WhatsApp web akan menyisipkan shortcut ke layanan Messenger Rooms milik Facebook.

Jadi apa yang baru?, Fitur Messenger Rooms yang akan diluncurkan itu mampu mengakomodasi video call hingga 50 peserta sekaligus. Messenger Rooms juga menggunakan tautan (link) untuk mengundang peserta, mirip fitur Zoom.

Adapun shortcut tersebut akan muncul di aplikasi WhatsApp Web versi 2.2019.6.Shortcut ke Messenger Rooms muncul ketika ikon lampiran (attachment) bergambar klip yang ada di sisi kanan atas diklik. Ikon Rooms akan ada di urutan paling bawah, dengan ikon kamera video. Jika diklik, akan ada sebuah pop-up yang mengarahkan panggilan video ke Messenger Rooms.

Di bawahnya juga tertera keterangan bahwa pesan di Messenger Rooms dilindungi oleh enkripsi dan pengendali privasi, tetapi tidak menggunakan sistem end-to-end encrypted.

Pengguna bisa membagikan tautan Messenger Rooms dan mengajak siapa pun, kendati mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger Rooms. Ikon yang sama juga akan muncul di menu utama WhatsApp Web.

Facebook telah mengumumkan bahwa shortcut Messenger Rooms akan muncul di WhatsApp mobile. Kabarnya, Facebook mulai mengujicobanya di aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android 2.20.139.

Ikon video itu juga akan muncul ketika diklik ikon lampiran pada ruang obropan group, kemudian pop-up yang keluar sama dengan yang ada di versi web.

Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms.

Kendati begitu, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara publik. Sehingga, belum diketahui pasti kapan WhatsApp akan menyebar fitur ini ke penggunanya. Belum lagi, sebaran Messenger Room di Messenger saat ini juga belum merata secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper