Microsoft Akuisisi Perusahaan 5G Senilai US$1,35 miliar

Nilai aksi korporasi tersebut diperkirakan mencapai US$1,3 miliar.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  18:14 WIB
Microsoft Akuisisi Perusahaan 5G Senilai US$1,35 miliar
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016 - REUTERS/Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa teknologi Microsoft Corp. mengakuisisi perusahaan pembuat perangkat lunak 5G, Affirmed Networks Inc.

Dilansir Bloomberg, Minggu (29/3/2020), menurut sumber yang dekat dengan transaksi tersebut, nilai aksi korporasi diperkirakan mencapai US$1,3 miliar. Adapun Microsoft telah mengumumkan kesepakatan tersebut tanpa memberikan rincian keuangan.

Sebelumnya, sejak tahun lalu, Microsoft sudah melayani pelanggan telekomunikasi dan membuat perjanjian dengan AT&T Inc. dengan tujuan untuk memindahkan lebih banyak jaringan operator ke platformnya.

Perusahaan yang didirikan Bill Gates ini juga telah membangun operasi cloud computing melalui akuisisi. Pada 2018, platform pengembang perangkat lunak GitHub dibeli dengan harga US$7,5 miliar.

Affirmed Networks diketahui juga mengadakan pembicaraan dengan Samsung Electronics sebelum kesepakatannya dengan Microsoft difinalkan.

Pete Wootton, juru bicara Microsoft, menolak mengomentari harga kesepakatan tersebut. Seorang perwakilan untuk Affirmed Networks juga menolak berkomentar, demikian pula dengan pihak Samsung. Saham Microsoft turun 4,1 persen atau ditutup pada US$149,70 per lembar pada Jumat, 27 Maret 2020.

Pengenalan 5G baru saja dimulai, dengan proyek uji coba oleh operator seperti AT&T dan umumnya terbatas di kota-kota besar tertentu. Sedangkan pengembangan untuk mencapai cakupan nasional AS dapat memakan waktu bertahun-tahun.

Namun raksasa teknologi dan pelaku utama industri telekomunikasi telah memasang ancang-ancang untuk menggaet pasar dan menarget perusahaan besar. Di sisi lain Gedung Putih telah menjadikan 5G sebagai pelopor dari kebijakan teknologinya, khususnya ketika mencoba menekan ekspansi global Huawei Technologies Co, raksasa teknologi berbasis yang di China.

Industri jaringan tengah beralih dari mesin berongkos mahal yang menangani fungsi spesifik aliran data dan perangkat lunak jara jauh. Tujuannya untuk membuat barang lebih murah dan lebih fleksibel.

Affirmed Networks membantu membangun jaringan virtual untuk pelanggan telekomunikasi menggunakan teknologi 5G. Menurut Pitchbook Data, perusahaan ini didirikan pada 2010 dan telah mengumpulkan dana sekitar US$240 juta. Bulan lalu, valuasi perusahaan ini menjadi US$1,35 miliar.

Affirmed Networks mengatakan bahwa pihaknya baru saja mengganti chief executive officer dengan salah satu pendirinya, Anand Krishnamurthy.

Perusahaan yang berbasis di Acton, Massachusetts ini didukung oleh investor termasuk Qualcomm Ventures dan Centerview Capital Technology Management, cabang ventura dari bank investasi Centerview Partners, serta oleh Lightspeed Management, CRV dan Bessemer Venture Partners

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
microsoft, teknologi 5G

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top