Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sentimen Negatif Bayangi Startup Tiket di Indonesia

Minat berinvestasi dan pertumbuhan bisnis startup yang bergerak di sektor penyedia jasa tiket, diperkirakan bakal terpengaruh oleh wabah virus corona.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  17:53 WIB
Penjualan tiket bus secara 'online' - Antara
Penjualan tiket bus secara 'online' - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona diperkirakan bakal menyebabkan terjadinya penundaan investasi (delay investment) terhadap perusahaan rintisan di sektor bisnis tiket Tanah Air.

Investor dan Chairman Tempo Animation (Temotion) Alexander Rusli mengatakan situasi yang belum kondusif akibat virus tersebut akan menganggu tahap awal dari proses investasi. Pasalnya, baik para calon investor maupun investor banyak yang tidak dapat melakukan perjalanan.

"Dampaknya mungkin akan ada delay beberapa investment karena orang-orangnya tidak bisa datang. Di tahap awal, acara-acara yang terkait dengan pertemuan dalam rangka investasi banyak dibatalkan. Sementara itu, hal ini tidak bisa dilakukan lewat telepon, harus bertemu muka, harus presentase," ujarnya kepada Bisnis, Senin (2/3/2020).

Sentimen negatif, menurutnya akan dialami oleh startup yang menyediakan bisnis jasa penjualan tiket perjalanan. Namun demikian, lanjut Alexander, dari sudut pandang pengambilan keputusan investasi, masalah virus corona dinilai tidak lebih dari hal yang sifatnya siklis.

Sementara itu, Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani mengatakan virus corona berdampak terhadap pendanaan-pendanaan untuk perusahaan rintisan di sektor penjualan tiket.

"Dari kacamata investor pasti akan berpengaruh paling tidak dalam menentukan 'growth' dan proyeksi finansial," ujar Edward kepada Bisnis.

Hal tersebut, lanjutnya, tidak lepas dari koreksi pasar yang bakal terjadi dan memberikan dampak terhadap perhitungan pertumbuhan bisis dan proyeksi finansial startup penjual tiket.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket StartUp Virus Corona
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top