Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trik Khusus Para Pengguna Huawei Disorot Google

Google memperingatkan keamanan data dari para pengguna Huawei yang memanfaatkan trik sideloaded dalam menginstal aplikasi Android di gawainya,
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  15:45 WIB
Trik Khusus Para Pengguna Huawei Disorot Google
Logo Huawei - REUTERS/Edgar Su
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masuknya Huawei sebagai daftar hitam pemerintah Amerika Serikat, membuat Google memutuskan untuk menghentikan kerja sama penyediaan aplikasi dan sistem operasi Android kepada perusahaan gawai asal China itu.

Hal itu disampaikan oleh Tristan Ostrowski, Android & Play Legal Director melalui blog resmi Google seperti dikutip Bisnis, Senin (24/2/2020).

Dengan demikian Google dilarang bekerja sama dengan Huawei untuk menyediakan aplikasi Google termasuk Gmail, Maps, YouTube, Play Store dan lainnya. Penghentian kerja sama terutama berlaku untuk produk Huawei yang dirilis setelah 16 Mei 2019.

“Pemerintah AS melarang semua perusahaan nasional, termasuk Google, untuk berkolaborasi dengan Huawei,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Google, Senin (24/2/2020).

Otrowski pun meminta para pengguna gawai Huawei yang diproduksi setelah 16 Mei 2019 tidak menggunakan strategi sideloaded sebagai trik agar tetap dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi Google dari sistem operasi Android.

Menurutnya, aplikasi Google tidak akan berjalan dan bekerja dengan baik ketika dimasukkan ke gawai keluaran Huawei menggunakan metode sideloaded. Terlebih ponsel Huawei  keluaran setelah 16 Mei 2019 tidak lagi mendapatkan sertifikat keamanan Play Protect dari Google.

Alhasil, para pengguna ponsel Huawei yang mengunduh dan memakai aplikasi keluaran sistem operasi Android melalui trik sideloaded berpotensi disusupi oleh virus. Di sisi lain, jaminan terhadap keamanan data pribadi pengguna tidak akan tersedia dengan baik.

“Untuk melindungi privasi data pengguna, keamanan, dan menjaga pengalaman keseluruhan, Google Play Store, Google Play Protect, dan aplikasi inti Google (termasuk Gmail, YouTube, Maps, dan lainnya) hanya tersedia di perangkat bersertifikat Play Protect,” lanjutnya.

Adapun sideloaded adalah cara mengunduh dan menginstal aplikasi di gawai menggunakan gawai lain sebagai perantara. Biasanya, proses ini menggunakan ponsel lain atau komputer desktop sebagai perantara.

Langkah ini dilakukan oleh sejumlah orang pengguna Huawei yang di dalamya tidak lagi dilengkapi oleh aplikasi Playstore milik Android. Alhasil, para pengguna gawai tersebut tidak bisa menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang disediakan oleh Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel google android huawei
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top