Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Startup Fintech Diprediksi Makin Menjamur

Tren positif pertumbuhan jumlah dan industri perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) tahun ini tidak lepas dari pengaruh besarnya nilai transaksi uang elektronik tahun lalu.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  14:34 WIB
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) memprediksi perusahaan di sektor teknologi finansial (tekfin) akan terus bertumbuh jumlahnya di Indonesia pada 2020.

Bendahara Amvesindo Edward Ismawan Chamdani mengatakan positifnya tren perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) tahun ini tidak lepas dari pengaruh besarnya nilai transaksi uang elektronik tahun lalu.

"Tahun ini, tren positif startup di industri fintech akan berlanjut," ujar Edward kepada Bisnis.com, Senin (3/2/2020).

Merujuk ke laporan East Ventures Digital Competitiveness Indeks (EV-DCI), pada 2019 nilai transaksi uang elektronik tumbuh 307,56% menjadi Rp47,2 triliun dan sepanjang 2014-2018 tumbuh lebih dari 1.300%.

Selain itu, perkembangan ekonomi digital di sektor tersebut terlihat pula dari pertumbuhan fintech yang sangat pesat. 

Produk-produk fintech disebutkan semakin berkembang cepat, mulai dari transaksi pembayaran, peningkatan modal, manajemen investasi, penggalangan dana, asuransi digital, crowdfunding, hingga pemberian pinjaman.

Untuk fintech lending saja, hingga November 2019 tercatat sebanyak 144 fintech lending sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan diperkirakan terus naik. 

Secara akumulatif, pinjaman yang disalurkan melalui fintech lending hingga November 2019 telah mencapai Rp75,5 triliun. Total penyaluran pinjaman terbesar berada di Jakarta, yakni mencapai Rp23 triliun. Kemudian diikuti Jawa Barat senilai Rp20,2 triliun, lalu Jawa Timur sebesar Rp8,1 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal ventura StartUp fintech
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top