Google dan Huawei Akan Bertemu di The NextDev 2019

The Nextdev 2019 siap menjadi ajang yang menghubungkan serta memfasilitasi kolaborasi para pemangku kepentingan proses akselerasi ekonomi digital di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  12:20 WIB
Google dan Huawei Akan Bertemu di The NextDev 2019
/nextdev

Bisnis.com, JAKARTA - The Nextdev 2019 siap menjadi ajang yang menghubungkan serta memfasilitasi kolaborasi para pemangku kepentingan proses akselerasi ekonomi digital di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dengan tema Spark the Change, The NextDev Summit 2019 akan melibatkan kontributor dan peserta yang meliputi; 5.000 partisipan milenial dengan antusiasme tinggi terhadap perusahaan rintisan digital dan dampak sosial positif; lebih dari 105 pembicara yang merupakan para ahli dari industri teknologi berpengalaman; 50 sesi tatap muka yang terdiri atas workshop, diskusi panel, diskusi santai, dan sejumlah presentasi; dan 50 perusahaan rintisan yang dinilai menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Selain itu, The NextDev Summit 2019 menghadirkan The NextDev Experiences yang menggabungkan berbagai pengalaman teknologi menjadi sebuah konferensi dengan ekosistem digital terpadu yang membuka banyak peluang bagi para tech-savvy untuk berperan aktif dalam melahirkan ide-ide baru bagi kemajuan bangsa Indonesia. 

Adapun, The NextDev Experiences meliputi; pertamaTechnology Conference.

Konferensi yang rencananya menghadirkan pembicara kompeten dari berbagai bidang, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Johny Gerard Plate, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, President of Huawei Southern Pacific Region Jeffrey Liu, Google Newslab Innovation Lead dan Data Editor at Google Simon Rogers dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wishnutama.

Kedua, Social Impact Startup Showcase untuk memperkuat pengetahuan para hadirin mengenai kiprah perusahaan-perusahaan rintisan yang telah menghadirkan dampak sosial positif bagi masyarakat. Terdapat NextDev Startup Booth yang diisi oleh 15 perusahaan rintisan lulusan The NextDev pilihan.

Para pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan orang-orang di balik startup tersebut dan mempelajari cara membuat solusi yang mampu melahirkan dampak sosial positif bagi masyarakat yang sekaligus mampu memberikan keberlangsungan bisnis yang baik untuk terus tumbuh. 

Perusahaan rintisan mulai Habibi Garden yang menghadirkan layanan berbasis Internet of Things (IoT) dalam mengatasi masalah gagal panen hingga pendukung tumbuh tanaman meningkatkan produktivitas petani, Vestifarm yang enyediakan platform bagi hasil dengan konsep patungan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut berinvestasi dan menikmati hasil keuntungan dari bisnis tersebut, hingga Marlin Booking yang emfasilitasi pemesanan dan pembelian tiket feri dan kapal laut baik melalui aplikasi maupun situs beserta beberapa perusahaan lainnya akan hadir di The NextDev Experiences.

Ketiga, Master Classes yang mana ajang ini menghadirkan lebih dari 25 sesi kelas dengan lebih dari 100 narasumber terkemuka dan kompeten di bidangnya masing-masing, antara lain CEO & Founder Tokopedia William Tanuwijaya, Comedian & Filmmaker Ernest Prakasa Creative Content Creator Fluxcup, Founder of Inspigo Yoris Sebastian, dan Influencer Andrea Gunawan.

Keempat, The NextDev Inauguration sebagai puncak dari The NextDev Talent Scouting 2019, yakni ajang pencarian perusahaan rintisan berbakat yang diselenggarakan Telkomsel di 9 kota di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini.

Dalam acara ini, Telkomsel bersama dua juri lainnya, yakni Founder Benih Baik dan presenter kondang Andy F. Noya, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan dijadwalkan hador dan akan menentukan perusahaan rintisan terbaik dari The NextDev Talent Scouting 2019.

Selain itu, The NextDev Summit 2019 juga memberikan kesempatan bagi para perusahaan-perusahaan rintisan hasil tempaan The NextDev yang tergolong dalam The NextDev Startup Top 25.

Adapun, perusahaan tersebut berkompetisi dengan mengikuti pitching  bertajuk The NextDev Top 25 Final dengan juri Co-Founder of Lifepal Benny Fajarai, CEO Telkomsel Mitra Inovasi Andi Kristianto, dan CEO Rombak Media Dennis Adhiswara.

Kelima, Investor Meetup and Sharing. Dalam sesi ini Telkomsel memberikan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan rintisan untuk mengikuti sesi bersama para penanam modal terkemuka.

Beberapa firma investasi yang berpartisipasi pada The NextDev Summit 2019 di antaranya adalah Grab Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, Angin, Emtek, GDP Ventures, East Ventures, Metra Digital Inovasi, Fenox, Alpha JWC Ventures, dan Mountain Kejora.

Keenam, Community Sessions, Meet Up and Networking Opportunity di mana Telkomsel menggandeng berbagai komunitas dari berbagai latar belakang untuk mengajak para peserta menjalin koneksi dan bertukar pikiran, mulai tentang teknologi terkini, tips dan trik pembuatan konten yang baik, hingga pengembangan diri.

Komunitas-komunitas yang hadir dalam The NextDev Summit 2019 meliputi Indonesia Google Business Group, Women Will, GDG Cloud Jakarta, Indovidgram, PHPID Community, Startup Lokal, dan Young On Top.

Ketujuh, 5G Experience. Telkomsel bekerjasama dengan Huawei Technologies untuk menghadirkan pengalaman teknologi telekomunikasi digital 5G.

Salah satu bentuk kegiatan terkait 5G yang menjadi highlight utama dalam The NextDev Summit 2019 adalah teknologi instant facial recognition yang mampu menganalisis dan mendeteksi fitur wajah pengguna dan menampilkan informasi yang tertuang sebelumnya di database. 

Dengan kesiapan serta banyaknya ilmu yang bisa digali bagi pengusaha muda berbasis digital yang sedang menggeliat di Tanah Air, The NextDev Summit 2019 akan dilaksanakan pada 7 Desember 2019 di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
google, huawei

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top