Telkomsel Gelar Uji Coba Panggilan Video Melalui Jaringan 5G

Zufrizal
Jumat, 29 November 2019 | 14:28 WIB
Suasana persemian Telkomsel Smart Office Batam di Kota Batam, Kamis (28/11/2019) malam./Bisnis-Zufrizal
Suasana persemian Telkomsel Smart Office Batam di Kota Batam, Kamis (28/11/2019) malam./Bisnis-Zufrizal
Bagikan

Bisnis.com, BATAM — PT Telkomsel menggelar uji coba koneksi jaringan 5G melalui panggilan video untuk pertama kalinya pada acara Telkomsel 5G for Industry 4.0 di Telkonsel Smart Office Batam, Kamis (28/11/2019).

Uji coba panggialn video (video call) dilakukan oleh direksi PT Telkomsel bersama dengan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail M.T. dengan menghubungi Presdir PT Ericsson Indonesia Jerry Soper.

Selain mencoba panggilan langsung, pada acara tersebut juga ditampilkan tujuh use case yang menggunakan jaringan 5G yakni untuk memberi penggambaran potensi implementasi 5G yang dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, otomasi, optimasi, dan efisiensi di dalam operasional lintas industri.

Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi mengatakan bahwa uji coba Telkomsel 5G merupakan wujud keseriusan transformasi Telkomsel menjadi perusahaan digital telco yang terus bergerak maju dalam mengakselerasikan negeri, dengan menghadirkan teknologi terkini yang dapat mendorong perwujudan ekosistem Industry 4.0.

“Teknologi seluler generasi kelima ini diyakini akan menjadi faktor yang penting di era revolusi Industry 4.0 karena pemanfaatannya secara nyata akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa,” ujarnya ketika memberi sambutan pada acara tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengapresiasi babak baru bagi Telkomsel yang sudah memilih waktu dan tempat untuk peluncuran uji coba 5G yang kedua ini di Batam, Sebelumnya, uji coba jaringan 5G dilaksanakan yang saat penyelenggaraan Asian Games.

Pada malam harinya, Telkomsel meresmikan pengoperasian Telekom Smart Office.

Hari Supriadi menyebutkan bahwa melalui TSO, perusahaan bisa meningkatkan layanan yang lebih baik kepada konsumen dan proses.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika Kemenkominfo Ahmad M. Ramli.

Mengenai kesiapan teknologi 5G, Ramli menyebutkan bahwa hal tersebut harus diukur dari  kesiapan ekosistem dan kebutuhan masyarakat.

“Kita harus menyadari betul bahwa pembangunan infrastruktur telekomunikasi mempunyai efek yang sangat besar, maka harus didukung pula oleh pemerintah setempat sehingga sebuah kota bisa menjadi smart city yang unggul dan saling terintegrasi untuk perkembangan ekonomi digital yang akan mendorong peningkatan perekonomian nasional,” kata Ramli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper