Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Akhir Tahun, Operator Seluler Berlomba Jaga Loyalitas Pelanggan

Operator seluler berlomba menawarkan bonus poin, sebagai apresiasi mereka kepada pelanggan sekaligus menjaga agar pelanggan tetap loyal di tengah persaingan antaroperartor yang makin ketat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 November 2019  |  20:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler berlomba menawarkan bonus poin, sebagai apresiasi mereka kepada pelanggan sekaligus menjaga agar pelanggan tetap loyal di tengah persaingan antaroperartor yang makin ketat.

PT Telekomunikasi Selular menggelar program undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019. Program ini mengajak para pelanggan membeli paket layanan sebanyak-banyaknya menjelang akhir tahun.

General Manager Loyalty and Digital Brand and Communications Telkomsel Himawan Prasetyo mengatakan bahwa program Telkomsel Siaga Sebar Hepi ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada pelanggan setia sekaligus sebagai upaya perseroan untuk terus mempertahankan pelanggan.

Layanan yang ditawarkan operator seluler lain berpotensi memangkas jumlah pelanggan perseroan di akhir tahun. Oleh sebab itu, dengan tawaran hadiah yang diberikan, diharapkan pelanggan makin setia dengan Telkomsel.  

“[Persaingan] sangat ketat, hal ini terlihat dari maraknya penawaran paket khususnya data yang variatif dari berbagai operator telekomunikasi,” kata Himawan kepada Bisnis, Minggu (17/11/2019).  

Himawan menuturkan bahwa  objektif penyelenggaraan program yang menggunakan penukaran atau redeem Telkomsel poin ini lebih kepada upaya mempertahankan pelanggan eksisting. Kalaupun mendapat pelanggan baru hal itu merupakan tambahan pencapaian program.

Program undian di akhir tahun ini merupakan program rutin dari Telkomsel yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Setiap pembelian paket akan mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan hadiah menarik seperti Mitsubishi Xpander, Vespa LX 125, Samsung Galaxy S10+, Samsung A70, hingga ribuan voucher pulsa dan belanja yang masing-masing senilai ratusan ribu rupiah.

Himawan mengklaim dari tahun ke tahun,  program ini mendapat respons yang baik dari pelanggan yang aktif ikut menukarkan Telkomsel poinnya dengan kupon undian di program undian akhir tahun Telkomsel.

Selain mencoba mempertahankan loyalitas pelanggan, pada sisa tahun ini, Telkomsel juga berusaha mendorong pertumbuhan jumlah pelanggan baru melalui produk kartu prabayar by.U, dengan mengincar pelanggan milenial.  

Senada, Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa dalam menjaga loyalitas pelanggan perseroan memiliki program bernama Xtravaganza dan Fantaxis.

Xtravaganza adalah sebuah kompetisi dan layanan berlangganan berbasis SMS. Pelanggan dapat bermain dan berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai berkisar Rp2,5 juta – Rp5 juta. 

Tidak hanya itu, sambungnya, dalam menghadapi persaingan di industri termasuk mempertahankan pelanggan, perseroan juga berusaha memberikan pengalaman yang lebih baik  dalam penggunaan layanan data, yang diwujudkan melalui berbagai inisiatif.

“Kami terus memperluas dan meningkatkan kapasitas jaringan layanan data khususnya untuk layanan 4G dan 3G di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di luar Jawa, termasuk pembangunan jaringan serat optik,” kata Ayu.

Sementara itu, PT Smartfren Telecom Tbk. juga menawarkan poin kepada pelanggan melalui program SmartPoin 2.0 untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Smartfren. 

SmartPoin merupakan bonus poin yang didapat pelanggan setelah melakukan pembelian paket internet atau aktivitas lain yang menggunakan pulsa, seperti menggunakan layanan telepon (VoLTE) dan SMS. 

Melalui aplikasi MySmartfren, pelanggan dapat menukar SmartPoin dengan berbagai macam kupon atau voucher diskon,  dengan hadiah utama Rumah, Mobil, Motor, serta ratusan hadiah lainnya bernilai miliaran rupiah. 

Selain itu, pelanggan juga dapat menukar SmartPoinnya dengan beragam Paket Internet Smartfren, atau kupon diskon produk makanan dan minuman (F&B) serta kupon diskon agensi perjalanan (tour and travel).

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan SmartPoin merupakan bentuk apresiasi Smartfren terhadap pelanggan. 

Dengan menukar 100 Smartpoin, pelanggan akan mendapatkan 1 kupon untuk mengikuti Program Undian Smartfren WOW.  

“Selain itu, setiap harinya pelanggan juga dapat mengikuti program WOW Deals hanya dengan menukar SmartPoin dengan beragam kupon atau voucher yang sangat menarik,”  kata Roberto. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operator seluler
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top