Bisnis Solusi Smart Home Diprediksi Moncer

Penjualan produk solusi pengawasan rumah berbasis teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di Indonesia sampai dengan akhir 2019 diperkirakan terus bertumbuh.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Oktober 2019  |  19:40 WIB
Bisnis Solusi Smart Home Diprediksi Moncer
Vice President PT Harapan Karunia Makmur Stephanie Hakim (kiri) dan Country Marketing Manager YI Technology untuk Indonesia Miji Sarwono (kanan). - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan produk solusi pengawasan rumah berbasis teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di Indonesia sampai dengan akhir 2019 diperkirakan terus bertumbuh.

Country Marketing Manager YI Indonesia Miji Sarwono mengatakan kehadiran solusi pengawasan rumah dengan harga terjangkau serta jumlah permintaan yang diprediksi bakal stabil sepanjang 2019 merupakan beberapa faktor penunjang pertumbuhan penjualan.

"Indonesia pasar yang sangat penting. Menurut kami permintaan untuk solusi pengawasan rumah akan selalu ada," ujar Miji di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Kendati di Indonesia keamanan dinilai menjadi isu, lanjutnya, penjualan produk solusi pengawasan rumah berkualitas tinggi di Indonesia masih berhadapan dengan beberapa tantangan. Misalnya, proses instalasi yang rumit dan harga yang tidak terjangkau.

Produk solusi keamanan rumah berkualitas premium rata-rata dipasarkan dengan kisaran harga Rp800.000 hingga Rp3,5 juta. Dengan demikian, hadirnya produk-produk berkualitas sama dengan harga lebih murah diyakini dapat mendorong jumlah penjualan.

Adapun, YI Technology memasarkan produk solusi pengawasan rumahnya mulai dari Rp400.000-an sampai dengan Rp900.000-an.

CEO & Founder of YI Technology Sean Da mengatakan dipasarkannya serangkaian produk solusi pengawasan dengan kisaran harga tersebut dilakukan perusahaan guna mengubah persepsi pasar bahwa produk pengawasan rumah memiliki harga yang mahal.

"Ketika kami merancang salah satu produk, yakni YI Dome Camera X dan YI Home Camera 3, kami mempertimbangkan tanggapan konsumen pada setiap aspek pengembangan produk," ujarnya.

Sebagai gambaran, produk solusi pengawasan rumah berkualitas tinggi pada umumnya dilengkapi dengan fitur smart alerts berbasis teknologi kecerdasan buatan serta sensor pendeteksi gerakan — sehingga dapat membedakan antara manusia dengan objek bergerak lainnya — dan pendeteksi suara-suara tidak biasa.

Dari sisi fitur, produk tersebut biasanya juga memiliki resolusi kamera yang tinggi yang dilengkapi dengan teknologi seperti smart human detection serta algoritma pendeteksi suara canggih yang mampu menangkap suara dari jarak mencapai belasan meter.

Produk-produk tersebut juga memiliki fitur kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna mengatur notifikasi dengan menggunakan sistem autopilot, serta memungkinkan pengguna untuk mengambil momentum-momentum penting dalam waktu per sekian detik, mengidentifikasi rekaman yang relevansi secara otomatis, dan dapat disaksikan secara langsung.

YI sendiri hari ini resmi memperkenalkan dua produk anyarnya, yakni YI Dome Camera X dan YI Home Camera 3 yang dihadirkan guna menjawab kebutuhan konsumen akan produk solusi pengawasan rumah berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Adapun, kedua produk tersebut dibanderol dengan beberapa varian harga. Untuk YI Dome Camera X dibanderol dengan harga Rp749.000, sedangkan YI Home Camera 3 dibanderol dengan harga Rp529.000.

Untuk pembelian, produk-produk solusi pengawasan rumah YI Smart Home tersedia di penjual resmi seluruh Indonesia dan di beberapa marketplace dagang-el, yakni Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gadget

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top