Operator Seluler Berebut Segmen Pasar Keluarga

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 21 Oktober 2019 | 14:40 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. dan PT Telekomunikasi Selular berlomba meraup pendapatan dari pasar perumahan atau keluarga melalui penawaran produk dan harga layanan yang kompetitif.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan melalui XL Home, perseroan berencana meluncurkan produk bundling antara XL Home dengan XL Prioritas untuk menggenjot pendapatan dari pasar rumahan.

“XL akan menawarkan produk XL Home dan XL Prioritas kepada pelanggan dengan value yang lebih menarik dibandingkan dengan berlangganan secara terpisah,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Minggu (20/10/2019).

Dia menambahkan dalam 9 bulan pertama 2019, penetrasi pasar XL Home cukup cemerlang. Hingga September 2019, XL Home telah menggaet 20.000 pelanggan dengan tingkat penetrasi sebesar 9%. Capaian tersebut ditargetkan terus tumbuh menjadi 14% hingga akhir ini, didorong oleh produk-produk yang dikeluarkan oleh XL.

“Perkiraan hingga akhir tahun ini, jumlah pelanggan mendekati angka 35.000—40.000 Pelanggan.”

Guna mewujudkan target tersebut, perseroan terus aktif memperluas jangkauannya dengan menggelar kabel serat optik.

Hingga September 2019, XL Home tercatat telah menjangkau 11 kota, yaitu Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, Bogor, Depok, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Banjarbaru. Hingga Agustus 2019, jumlah kabel yang melewati rumah atau homepass mencapai 195.000.

Sementara itu, GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengklaim jumlah pelanggan dan transaksi pembelian kuota untuk paket keluarga telah mencapai ratusan ribu. “Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan, Telkomsel menghadirkan produk kuota keluarga dengan penawaran paket yang lebih praktis dan hemat tentunya,” kata Aldin.

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra berpendapat ke depannya bisnis operator seluler akan lebih menyasar strategi meraup keuntungan dari lingkungan  terdekat pelanggan, termasuk keluarga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper