Bisnis Telko: Paket Sederhana Lebih Hemat Bagi Operator Seluler

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:03 WIB
Susasana di gerai pelayanan pelanggan Indosat Ooredoo/Indosat
Susasana di gerai pelayanan pelanggan Indosat Ooredoo/Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat telekomunikasi menilai ke depan paket dengan kuota khusus akan ditinggalkan, untuk menghemat biaya pemasaran.

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra menilai ke depan operator seluler akan memberikan paket layanan yang sederhana. 

Dia mengatakan dengan produk yang sederhana maka biaya pemasaran yang dikeluarkan juga lebih murah, sebab perusahaan tidak perlu memperkenalkan paket berulangkali ke masyarakat dengan keunggulan yang sedikit berbeda.

”Makin banyak produk maka butuh marketing expense buat memperkenalkan produknya, ujungnya adalah kebanyakan paket promo, harga jadi tidak naik-naik,” kata Etta kepada Bisnis.com, Kamis (10/10/2019).

Sebagai contoh, kata Etta, beban pemasaran pemasaran Indosat pada kuartal II/2019 mencapai Rp557 miliar atau sekitar 10% dari belanja modal yang dikeluarkan pada pertengahan tahun, yaitu sekitar Rp5,3 triliun. 

Dia mengatakan dengan nilai tersebut seharusnya operator seluler dapat memperbaiki jaringan yang mereka miliki. 

Sementara itu, Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi berpendapat bahwa beberapa produk paket dengan bonus layanan tertentu yang diberikan oleh operator merupakan strategi pemasaran. 

Sebab, bonus kuota yang diberikan hakikatnya penuh dengan persyaratan yang belum tentu digunakan sepenuhnya oleh pelanggan. 

Heru berpendapat sebuah produk paket seharusnya dibuat lebih sederhana agar memudahkan pelanggan dalam menggunakan produk tersebut. 

“Tujuannya, bisa memanjakan tapi bisa juga gimmick seolah kuota besar tapi dibagi ke aplikasi. Pengguna diimingi 10 GB tapi efektif cuma 5 GB karena saat malam kan normalnya kita tidur sehingga tidak dimanfaatkan,” kata Heru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper