Ini Fitur Instagran untuk Cegah Upaya Peretasan dan Penipuan

Dionisio Damara
Selasa, 8 Oktober 2019 | 23:25 WIB
Ilustrasi/Instagram
Ilustrasi/Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Instagram meluncurkan fitur keamanan baru bernama ‘Email dari Instagram’ untuk mencegah peretasan dan penipuan.

Surat elektronik dari Instagram akan membantu pengguna untuk memastikan apakah email yang mereka terima merupakan email resmi dari tim Instagram atau email palsu.

Berdasarkan keterangan resmi Instagram, Selasa (8/10/2019), para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram, sehingga banyak pengguna tertipu karena sulit membedakan.

“Melalui fitur ini, kami ingin memberi kemudahan bagi pengguna untuk memastikan validitas setiap email terkait akun Instagram mereka secara langsung dari layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop,” tulis Instagram.

Untuk para pengguna yang menerima email dari Instagram dapat memastikan validitas pesan elektronik itu melalui beberapa langkah. Pertama, buka aplikasi Instagram dan tekan tombol tiga titik, pilih pengaturan, lalu klik Keamanan, dan tekan Email dari Instagram.

Setelah menemukan fitur Email dari Instagram, pengguna akan melihat dua tab, antara lain Tab Keamanan dan Tab Lainnya.

Tab keamanan berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir, sedangkan Tab Lainnya berisi daftar email lainnya diluar email keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

Pihak Instagram juga mengimbau para pengguna untuk lebih berhati-hati sebelum mengklik tautan (link) dari email yang mengatasnamakan Instagram.

Namun, apabila pengguna secara tidak sengaja mengklik link mencurigakan itu dan akun diretas, pengguna bisa mengambil alih kembali akun mereka melalui beberapa langkah yang bisa diakses melalui https://help.instagram.com.

Dengan adanya fitur tersebut, Instagram memahami bahwa peretasan dan penipuan merupakan pengalaman meresahkan dan tidak menyenangkan bagi setiap pengguna.

Email dari Instagram merupakan bagian dari kelanjutan komitmen Instagram untuk terus menghadirkan fitur-fitur yang dapat membantu menjaga keamanan pengguna, sehingga mereka memiliki pengalaman yang positif saat mengakses Instagram,” tulis pada keterangan resmi Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dionisio Damara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper