BRI Sabet Penghargaan Data Impact Award 2019

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk telah menyabet penghargaan Data Impact Award 2019 pada bidang teknologi dan informasi dari Cloudera.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 September 2019  |  07:18 WIB
BRI Sabet Penghargaan Data Impact Award 2019
Karyawati melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (BRI Agro), di Jakarta, Jumat (9/11/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menyabet penghargaan Data Impact Award 2019 pada bidang teknologi dan informasi dari Cloudera.

Direkur Teknologi, Informasi dan Operasi PT BRI Indra Utoyo mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut merupakan keberhasilan BRI melakukan transformasi digital untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk bagi pelanggan.

Dia menjelaskan bahwa BRI telah memanfaatkan teknologi terkini seperti artificial intelligent (AI) dan machine learning (ML) agar dapat meningkatkan keamanan dan tata kelola sehingga memberikan dampak bisnis yang besar.

"Penghargaan ini merupakan salah satu wujud pengakuan proses transformasi digital yang telah dilakukan BRI dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan produk bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” tuturnya dalam keterangan resminya, Jumat (27/9/2019

Indra juga menjelaskan solusi dari Claudera dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah analisis data yang dikumpulkan perusahaan.

Menurutnya, BRI kini juga telah menerapkan big data untuk meningkatkan layanannya kepada pelanggan agar lebih aman dan nyaman melakukan transaksi digital.

"Ke depannya, BRI akan terus berusaha menjadi lebih baik dalam memanfaakan teknologi informasi untuk menyediakan akses perbankan ke seluruh pelosok Indonesia, dan berupaya mengakselerasi inklusi keuangan Indonesia dengan big data serta memastikan no one left behind," katanya.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Executive Vice President Digital Center of Excellence BRI Kaspar Situmorang di sela-sela perhelatan ajang tahunan Strata Data Conference 2019 yang digelar di New York, Amerika Serikat.

BRI telah mengantongi penghargaan Data Impact Awards 2019 pada kategori Data Security and Governance setelah bersaing melawan Liberty Global, PNC dan RingCentral di jajaran finalis.

Faktor utama dalam penilaian ialah implementasi organisasi pemenang menunjukkan tujuan luar biasa dalam misi mereka, kemajuan teknis, dan dampak keseluruhan.

Pada situs resmi Cloudera disebutkan terdapat lebih dari 400 nama perusahaan dari seluruh dunia yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan Data Impact Awards 2019. 

Setidaknya terdapat 30 juri panelis dari kalangan ahli manajemen dana hingga analisa data yang menyeleksi peserta untuk menjadi finalis hingga mendapatkan penghargaan.

Data Impact Awards sendiri merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Cloudera sebagai apresiasi terhadap inovator di bidang pemanfaatan dan pengelolaan data menggunakan platform Cloudera. 

Pada tahun ini terdapat 7 kategori yakni Data from The Edge-To-AI, Data for Enterprise AI, Data Anywhere, Data Security and Governance, Data Champion, Data for Good dan Industry Transformation.

 

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bri, bank bri

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top