Kaspersky Luncurkan Solusi Anti-Cheat Untuk Atasi Kecurangan di Kompetisi E-Sports

Kaspersky meluncurkan versi beta solusi terbarunya, yaitu Kaspersky Anti-Cheat, untuk membantu penyelenggara turnamen olaharaga-el dalam mencegah terjadinya kecurangan dalam permainan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 16 September 2019  |  14:50 WIB
Kaspersky Luncurkan Solusi Anti-Cheat Untuk Atasi Kecurangan di Kompetisi E-Sports
Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019). - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA — Kaspersky meluncurkan versi beta solusi terbarunya, yaitu Kaspersky Anti-Cheat, untuk membantu penyelenggara turnamen olaharaga-el dalam mencegah terjadinya kecurangan dalam permainan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (16/9/2019), solusi berbasis komputasi awan ini menyediakan deteksi kecurangan secara real-time dan melaporkan kepada pelanggan yang dapat menindak pemain yang melanggar aturan.

Adapun, dengan solusi tersebut para pemain harus menginstal Anti-Cheat yang didistribusikan oleh platform untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi daring. 

Setelah dipasang di komputer, informasi mengenai proses permainan dikumpulkan, kemudian dikirimkan ke komputasi awan Kaspersky Anti-Cheat.

Selanjutnya, dilakukan analisis untuk menemukan acara yang mencurigakan. Pada saat yang sama, wasit turnamen akan menerima laporan kecurangan langsung secara real-time melalui antarmuka web.

Pada saat memastikan deteksi kecurangan, Kaspersky Anti-Cheat mengutamakan pengalaman pengguna dan dipastikan tidak memengaruhi proses permainan atau membebani lalu lintas yang berlebihan.

Adapun, Kaspersky mengungkapkan, pemain gim daring sering dihadapkan dengan kecurangan dalam permainan, di mana hanya 12% yang tidak pernah mengalami tindakan kecurangan dari pemain lain saat bermain secara multi-player.

Para pelanggar aturan tersebut berpotensi menunda partisipasi pemain profesional dalam sebuah kompetisi serta memengaruhi hubungan dalam komunitas gim.

Selain itu, kecurangan dapat memengaruhi popularitas dan reputasi turnamen, yang pada akhirnya mengurangi pendapatan atau jumlah perspektif kemitraan bagi penyelenggara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaspersky, e-sports

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top