Kemenkominfo Akan Panggil Operator Seluler, Bahas Jaringan Ibu Kota Baru

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana memanggil seluruh operator seluler membahas mengenai rencana gelaran jaringan untuk ibu kota baru.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 September 2019  |  16:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana memanggil seluruh operator seluler membahas mengenai rencana gelaran jaringan untuk ibu kota baru.

Menkominfo Rudiantara mengatakan Kemenkominfo akan segera membicarakan lebih lanjut dengan operator mengenai rencana pembangunan jaringan untuk ibu kota baru, Kalimantan Timur, menyusul dukungan yang diberikan operator seluler terhadap berbagi infrastruktur telekomonukasi di Kalimantan.

Rudiantara menuturkan pembicaraan dengan operator akan membahas mengenai rute jaringan untuk ibu kota baru dan penentuan pihak yang bersedia membangun jaringan dari Singkawang menuju Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.  

“Kalau salah satu operator mau membangun sendiri, dibolehkan syaratnya harus boleh dipakai oleh operator lain. Jadi ada efisiensi, enggak semua membangun yang sama,” kata Rudiantara kepada Bisnis, usai rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (16/9/2019).

Rudiantara menambahkan jaringan telekomunikasi untuk ibu kota baru nantinya juga harus berbentuk ring, agar ketika terjadi masalah, jaringan dapat menggunakan jalur lain untuk menyalurkan data.

“Jadi kalau dia putus di sini otomatis dia mencari jalan sendiri,” kata Rudiantara.

Sebelumnya, empat operator seluler menyambut positif usulan Kemenkominfo mengenai penggelaran jaringan secara bersama di Kalimantan Timur.     

Kemenkominfo mengusulkan dua konsep pembangunan jaringan telekomunikasi yaitu.

Konsep pertama adalah dengan menarik kabel serat optik dari ujung Palapa Ring Barat, Singkawang, ke Ekotambai, dari Ekotambai pembangunan terpecah menjadi dua ke arah Nunukan, sejalan dengan pembangunan jalan perbatasan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  atau  ke arah Long Tuju—Sendawa—Balikpapan.

Konsep kedua adalah menarik serat optik dari Singkawang—Sanggau—Nangga Pinoh—Kualu Kurun—Muara Teweh—Sendawa—Balikpapan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
operator telekomunikasi, operator seluler

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top