CEO DANA VINCENT ISWARA : "Slogan Kami, Ganti Dompet"

Puput Ady Sukarno & Fitri Sartina Dewi
Senin, 9 September 2019 | 15:51 WIB
CEO DANA Vincent Iswara  (kedua dari kiri) dalam acara konferensi pers perayaan 1 tahun kehadiran dompet digital DANA, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
CEO DANA Vincent Iswara (kedua dari kiri) dalam acara konferensi pers perayaan 1 tahun kehadiran dompet digital DANA, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Deandra Syarizka
Bagikan

1Bisnis Ini Memiliki Dampak yang Luas

Bagaimana strategi untuk meningkatkan jumlah pengguna? Berapa target pengguna pada tahun ini?

Agar masyarakat lebih cepat mengadopsi digital payment, program promosi yang kami lakukan tujuannya ialah untuk edukasi. Dengan adanya promosi, masyarakat diharapkan bisa menggunakan Dana. Setelah mereka menggunakan, dan melihat keunggulan fitur-fitur yang kami miliki dari sisi teknologi, user experience, dan keamanan, maka pengguna diharapkan bisa lebih loyal.

Pada tahun ini, jumlah pengguna kami targetkan bisa naik lebih besar lagi. Kalau saat ini penetrasinya baru 7%, masih ada 93% lagi yang harus disasar. Target kami secepat-cepatnya bisa lebih banyak masyarakat yang bertransformasi ke digital payment. Harapannya dalam 3 tahun ke depan kami bisa menjangkau lebih dari 50% pengguna smartphone di Indonesia.

Dari mana sumber pendanaan untuk menjalankan promosi?

Semua bisnis itu ada investasi yang diperlukan untuk membangun ekosistem dan market user adopsinya jauh lebih cepat. Kalau lihat financial distribution, mungkin untuk menjangkau 10 juta pelanggan akan butuh waktu sekitar 5—10 tahun.

Sebenarnya bisa dibuat menjadi lebih singkat. Misalnya, biaya operasional yang harus dikeluakan setiap tahunnya selama 5—10 tahun dibuat lebih pendek. Kalau dilihat memang pengeluarannya sepertinya lebih besar, tetapi kalau dihitung pengeluarannya bisa lebih efisien jika dibandingkan harus mengeluarkan biaya selama 5—10 tahun. Pendanaan itu harus ada dari investor yang percaya bahwa bisnis ini memiliki dampak yang lebih luas.

Adakah rencana untuk mencari pendanaan dalam waktu dekat ini?

Sebenarnya dari sisi kami selalu terbuka untuk investor strategis, karena seperti yang bisa dilihat sendiri bahwa kami tidak bisa bermain sendiri. Kami juga ingin mengembangkan ekosistem kami menjadi lebih besar.

Dengan demikian, kalau ada investor yang tertarik untuk berinvestasi, kami selalu terbuka. Saya selalu percaya bahwa suatu ketika masyarakat Indonesia sudah beralih ke ekosistem digital payment, potensinya akan jauh lebih besar dari yang sekarang ini.

Menurut Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendorong masyarakat Indonesia beralih ke ekosistem digital payment?

Saya sangat yakin bahwa Indonesia bisa lebih cepat dari negara-negara lainnya, karena Indonesia bisa belajar dari negara-negara lainnya yang sudah sukses mengadopsi teknologi ini. Di China dan India digital payment-nya berkembang pesat, sehingga kami bisa pelajari apa saja kesuksesan dan kegagalan mereka.

Sebenarnya, bukti bahwa Indonesia bisa berkembang lebih cepat dari negara-negara lain sudah terbukti. Meski baru berkembang sekitar 2 tahun belakangan ini, digital payment di Indonesia pada kuartal II/2019 jumlah transaksinya sudah lebih besar dari kartu debit. Dengan demikian, ke depannya kami yakin pertumbuhannya akan lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper