1.800 Truk Tangki Pertamina Akan Dipasang Fleetsight Telkomsel

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 2 September 2019 | 13:08 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke truk tangki di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018)./ANTARA-Didik Suhartono
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke truk tangki di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018)./ANTARA-Didik Suhartono
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular bersama PT Pertamina Patra Niaga menandatangani nota kesepahaman layanan moda transportasi cerdas berbasis IoT. 

Dengan penandatanganan ini, solusi IoT Telkomsel Fleetsigh akan terpasang di 1.800 unit kendaraan tangki BBM milik Pertamina Patra Niaga, perusahaan yang bergerak di sektor hilir minyak dan gas. 

Telkomsel FleetSight akan membantu Pertamina Patra Niaga untuk memonitor kendaraan, meningkatkan produktivitas, menekan biaya operasional, sekaligus menjaga keselamatan karyawan dalam bekerja.

Diluncurkan pada Mei 2019, Telkomsel FleetSight menyematkan perangkat telematika berbasis satelit yang diintegrasikan dengan berbagai jenis sensor atau peralatan tambahan pada kendaraan. 

Teknologi ini mampu merekam semua paramater mobilitas aset dan sekaligus menyediakan informasi ini kepada pengguna baik dalam bentuk insight maupun data, seperti pilihan rute, jam operasional kendaraan, perilaku mengemudi, hingga mengukur batas kecepatan.

Data-data tersebut juga dikombinasikan dengan rule dan alert yang mampu memberikan peringatan secara real-time ketika teriadi pelanggaran standard operasional, misalnya melebihi kecepatan, beroperasi di luar jadwal, melintasi rute yg bukan seharusnya, temperatur kerja komponen-komponen. 

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, di era Industri 4.0 perusahaan dituntut untuk dapat mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 

Dia mengatakan layanan Fleetsight Telkomsel akan mendukung PertaminaPatra Niaga untuk mengakselerasikan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis dengan tetap menjaga tingkat keselamatan operasionalnya. 

"Telkomsel bangga dapat kembali menghadirkan solusi inovatif berbasis Internet of Things di berbagai industri, yang sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah," kata Emma di Jakarta, Senin (2/8/2019). 

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati berharap sinergi kerja sama tidak hanya berkontribusi positif terhadap operasional Pertamina, namun juga berdampak positif bagi akselerasi efisiensi distribusi agar persediaan BBM dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper