Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Fleetsight Telkomsel, Sensor IoT Pelacak Kendaraan

 Fleetsight Telkomsel, sebuah perangkat internet of things (IoT) untuk solusi layanan pengelolaan armada yang mensinergikan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada aset kendaraan, ternyata memiliki manfaat lain disamping sebaga alat pelacak kendaraan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  14:27 WIB
Vice President Brand and Communications Telkomsel Nirwan Lesama (tengah) saat menjelaskan kepada pelanggan mengenai produk Telkomsel Fleetsight merupakan layanan pengelolaan armada kendaraan atau fleet management, dalam gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show, di Jakarta (25/4). - Dok. Telkomsel
Vice President Brand and Communications Telkomsel Nirwan Lesama (tengah) saat menjelaskan kepada pelanggan mengenai produk Telkomsel Fleetsight merupakan layanan pengelolaan armada kendaraan atau fleet management, dalam gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show, di Jakarta (25/4). - Dok. Telkomsel

Bisnis.com, JAKARTA —  Fleetsight Telkomsel, sebuah perangkat internet of things (IoT) untuk solusi layanan pengelolaan armada yang mensinergikan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada aset kendaraan, ternyata memiliki manfaat lain disamping sebaga alat pelacak kendaraan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan bahwa fungsi Fleetsight tidak hanya sekedar  dalam pelacakan kendaraan, namun juga dapat memberikan peringatan dan laporan mengenai kondisi kendaraan.

“Dengan Fleetsight pengguna bisa melihat langsung aktivitas pengendara dan kondisi kendaraan. Tidak hanya itu, jika ada kerusakan, pengguna akan mendapat notifikasi tentang masalah terkait secara real-time,” kata Denny kepada Bisnis.com, Minggu (7/7/2019).

Disamping itu, sambung Denny, Fleetsight juga memiliki kemampuan untuk menghitung atau memberi nilai pada gaya berkendara berbahaya seseorang.

Dia mengatakan perilaku berkendara berbahaya yang diukur oleh Fleetsight Telkomsel, meliputi berhenti mendadak, melampaui batas kecepatan, dan mengambil tikungan tajam.

“Fleetsight memonitor seluruh aktifitas untuk mengetahui perilaku berbahaya pengendara,” kata Denny.

Selain kelebihan tersebut, Fleetsight juga dilengkapi dengan fitur-fitur pengaturan armada pada umumnya seperti, evaluasi menyeluruh mengenai manajemen armada melalui laporan biaya operasional, pemilihan rute yang efektif, serta produktivitas setiap unit kendaraan.

Kemudian ada juga fitur yang memberikan masukan mengenai operasional armada untuk mendukung tujuan bisnis konsumen, seperti konsumsi bahan bakar, summary perjalanan, dan jangka waktu parkir.

“Ada juga solusi video pengawasan yang hemat biaya dan tahan lama untuk keperluan keamanan, didukung dengan sistem manajemen kesehatan pengendara dan bantuan dalam berkendara,” kata Denny. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Internet of Things
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top