Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Kapal Perawatan Jaringan Internet Bawah Laut Pertama di Indonesia

Komisaris PT Optic Marine Indonesia Isfan Fajar Satryo mengatakan bahwa kehadiran kapal CS Teneo ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung program pemerintah berupa investasi dalam pembangunan jaringan domestik.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  23:10 WIB
Kapal CS Teneo - Sumber: istimewa
Kapal CS Teneo - Sumber: istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Optic Marine Indonesia meluncurkan kapal khusus pemeliharaan dan perbaikan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia yang diberi nama CS Teneo.

Komisaris PT Optic Marine Indonesia Isfan Fajar Satryo mengatakan bahwa kehadiran kapal CS Teneo ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung program pemerintah berupa investasi dalam pembangunan jaringan domestik.

“Kehadiran kapal ini dikhususkan untuk perawatan dan perbaikan di perairan dalam negeri. Jarak perairan antarpulau yang cenderung pendek membutuhkan kapal yang lebih gesit agar lebih efisien dalam pemeliharaan maritimnya,” kata Isfar dalam keterangan resmi, Jumat (28/6/2019).

Dia melanjutkan bahwa potensi gempa di wilayah Indonesia yang cukup tinggi menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan kabel bawah laut. Hal tersebut akan berimbas langsung terhadap keberjalanan layanan telekomunikasi di wilayah tersebut.

“Oleh sebab itu, CS Teneo akan membantu dalam merestrukturisasi kerusakan yang terjadi sehingga keberlangsungan layanan digital dan maritime di Indonesia masih dapat terjaga dengan baik,” imbuhnya.

CS Teneo didaparkan dari perusahaan asal Amerika Serikat yang telah memiliki riwayat sebanyak 131 penyelesaian proyek perawatan dan perbaikan. Adapun, kini kapal tersebut telah resmi berbendera Indonesia.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

Kapal yang memiliki panjang 81 meter tersebut merupakan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya dan mampu menampung 7 personel dan awak kapal dengan kecepatan sebesar 13 knots. Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan mesin diesel elektrik yang mampu melakukan fungsi perawatan kabel bawah laut di perairan Indonesia secara lebih efisien.

Kapal CS Teneo mampu berlayar selama 60 hari dan memiliki berbagai solusi kelengkapan armada seperti Mainlay CS lle De Re, tug boat, cable barge, dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kabel bawah laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabel bawah laut
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top