Blibli.com Click&Collect Tersedia di 3.000 Toko

Deandra Syarizka
Rabu, 26 Juni 2019 | 16:04 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Blibli.com meresmikan fitur Click&Collect yang memadukan keunggulan pengalaman berbelanja online dan offline.

SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com Wisnu Iskandar menyatakan kehadiran fitur Click&Collect ini melengkapi layanan O2O perusahaan yang telah ada sebelumnya yaitu Blibli inStore.

Dia menjelaskan, dengan fitur Click&Collect, pelanggan dapat berbelanja produk secara online melalui aplikasi, untuk selanjutnya mengambil barangnya langsung di toko offline yang menjadi mitra Blibli. Sejauh ini, pihaknya telah bermitra dengan 31 peritel dari berbagai kategori produk guna menghadirkan layanan ini di sekitar 3.000 toko di area Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan Bali.

“Saat ini konsumen sangat demanding. Mereka ingin merasakan semua keunggulan dari pengalaman belanja online seperti cek harga, promo, dan juga pengalaman berbelanja offline melihat dan merasakan langsung produknya. Click&Collect hadir untuk memfasilitasi kebutuhan itu,” ujarnya, Rabu (26/6).

Dia menyatakan saat ini industri dagang-el memasuki era “E-Commerce 4.0” yang ditandai dengan berkembangnya strategi O2O atau yang kerap disebut strategi omnichannel dalam istilah pemasaran.  Guna menyukseskan strategi tersebut, dia menyebut setidaknya ada empat faktor yang cukup berpengaruh seperti infrastruktur logistik dan sistem informasi, kesiapan pelanggan dan mitra ritel, kreativitas, dan inovasi.

Lebih lanjut, pihaknya mengklaim menjadi platform dagang-el pertama yang memiliki fitur O2O seperti Click&Collect. Sejauh ini, perusahaan mencatat total 250.000 pesanan melalui fiitur Click&Collect selama Januari hingga Juni 2019.

Di lain sisi, dia mengakui layanan Click&Collect memiliki kemiripan dengan fitur Blibli inStore yang membuat pelanggan dapat berbelanja langsung ke toko dan melakukan pembelian melalui Blibli dan mendapatkan fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan platformnya. Namun, dia menilai Click&Collect memiliki fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi karena pelanggan dapat berbelanja melalui aplikasi di mana saja.

“Pelan-pelan mungkin akan kita hilangkan Blibli inStore, tahapannya pada saat nanti layanan Click & Collect lebih luas dan lebih banyak baru kami hilangkan,” ujarnya.

Wisnu menambahkan, Blibli juga menjalin kerja sama strategis dengan Alfamart. Dengan kerja sama ini, pelanggan dapat menggunakan layanan Click&Collect di 2.800 cabang Alfamart. Ke depannya, dia menyatakan perusahaan akan terus bekerja sama dengan sejumlah peritel besar, dan diharapkan dapat menjangkau hingga 12.000 toko pada akhir tahun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper