Gojek Gandeng Selly Bangun Komunitas Laris Manis Upgrade UMKM

pelatihan yang didapatkan anggota komunitas Laris Manis mencakup aktivitas pengembangan bisnis sesuai dengan karakter anggota komunitas
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  18:44 WIB
Gojek Gandeng Selly Bangun Komunitas Laris Manis Upgrade UMKM
Pengendara ojek online melintasi jalan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2019). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Gojek meluncurkan komunitas Laris Manis—wadah pelatihan berbisnis yang merupakan hasil kerja sama antara layanan kurir dan pengiriman Go-Send dan aplikasi keyboard online shop, Selly guna meningkatkan skala bisnis pengusaha Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Head of Logistic Product Gojek Junaidi menyatakan  didukung penuh oleh program Gojek Wirausaha yang telah diluncurkan bulan Maret 2019 lalu, komunitas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan dasar-dasar pengetahuan dalam membangun bisnis agar para pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas Laris Manis bisa naik kelas dan meningkatkan skala usahanya menggunakan layanan Go-Send, hingga memetakan peluang serta mengatur keuangan bisnis yang sehat dengan keyboard Selly.

“Komunitas Laris Manis ini kami bentuk sebagai komitmen Go-Send bagi para social seller yang merupakan para pengusaha UMKM agar mereka mampu meningkatkan skala usaha melalui serangkaian pelatihan berbisnis baik secara online maupun tatap muka. Sebelumnya, Go-Send juga pernah memberikan pelatihan fotografi untuk kepentingan bisnis kepada lebih dari puluhan social seller di Jabodetabek,” ujarnya, Selasa (25/6).

Sebagai catatan, McKinsey & Company merilis hasil riset, yang salah satu temuannya adalah total bisnis online di Indonesia telah meningkat hingga sekitar 4,5 juta pada 2017. Dari jumlah tersebut, sekitar 99% adalah pengusaha mikro dengan pendapatan kurang dari Rp300 juta tiap tahun dan 50% adalah bisnis online tanpa toko fisik.

Dharma Utomo, Product Manager Selly  menambahkan seiring dengan meningkatnya bisnis online di Tanah Air, pihaknya sangat menyambut baik inisiatif pengembangan komunitas Laris Manis oleh Go-Send, karena dengan adanya wadah yang terbentuk, makin mempermudah para pengusaha ini menentukan strategi dan target usahanya.

“Sejalan dengan itu, Selly juga terus mengembangan inovasi produk untuk terus mempermudah para pengusaha sesuai dengan kebutuhan online shop nya,” ujarnya.

Dia menambahkan, pelatihan yang didapatkan anggota komunitas Laris Manis mencakup aktivitas pengembangan bisnis sesuai dengan karakter anggota komunitas Laris Manis di setiap kota melalui tatap muka langsung hingga membuat WhatsApp Group di setiap kota untuk berbagi materi dan pengetahuan bisnis.

Pengembangan komunitas Laris Manis akan dilakukan secara bertahap di 14 kota besar lain, yakni Bali, Medan, Manado, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Palembang, Makassar, Batam, Lampung, Bandung, Solo, Pontianak dan Malang, yang sebagian telah dijangkau Go-Send dan Selly.  

“Kami memilih Jakarta sebagai lokasi untuk melakukan peresmian komunitas Laris Manis, karena kami melihat antusiasme yang sangat positif dari para pengusaha online di ibu kota. Ditambah saat ini, telah terdaftar lebih dari ratusan social seller yang secara resmi bergabung dalam komunitas Laris Manis di wilayah Jabodetabek. Ke depan, kami menargetkan ribuan UMKM di seluruh kota tujuan kami tahun ini,” tutup Junaidi. 

Sebelumnya, Go-Send dan Selly juga telah menggelar kompetisi tahunan bertajuk Laris Manis untuk wilayah Jabodetabek, yang diikuti lebih dari 2.000 pendaftar, atau naik lebih dari 200% dari tahun 2017. Ke depan, kompetisi ini akan terus dikembangkan mencakup daerah lainnya di Indonesia, agar menjadi ajang bagi para pengusaha UMKM mempromosikan produk mereka, menjangkau pasar yang lebih luas hingga meningkatkan skala bisnisnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gojek

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup