6 Fitur Khas Oppo yang Terbuka untuk Developer Lokal

Produsen ponsel pintar asal China, Oppo, belum lama ini mengumumkan kerja samanya dengan para pengembang aplikasi di Indonesia seperti Dana dan Traveloka
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  15:53 WIB
6 Fitur Khas Oppo yang Terbuka untuk Developer Lokal
Product Operation Manager of OPPO Application Market Xu Liting (dari kiri) berbincang dengan General Manager of OPPO international Internet Business Centre Liu Xiaobo, dan Senior International Business Development Manager of OPPO Interactive Entertainment Department Xue Sheng, usai memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis, (20/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen ponsel pintar asal China, Oppo, yang belum lama ini mengumumkan kerja samanya dengan para pengembang aplikasi di Indonesia seperti Dana dan Traveloka, menawarkan beberapa platform kepada mitra barunya tersebut.

Platform pertama yang ditawarkan kepada para pengembang yang saat ini adalah Browser. Sebagai aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat Oppo, Browser terintegrasi sempurna dengan handset. Platform tersebut menggabungkan peran penelusuran internet dan daftar berita terkini (news feed). Oppo Browser menyediakan akses yang nyaman untuk pencarian dan konten cerdas, serta mengeksplorasi cara dengan yang lebih baik untuk menghubungkan orang dan mendapatkan informasi.

Seiring dengan perluasan pangsa pasar telepon seluler, bisnis Browser dan daftar berita terkini telah menjangkau dan melokalisasi lebih banyak negara. Pada tahun 2019, Browser berharap dapat melayani puluhan juta pengguna di luar negeri.

Platform berikutnya adalah Oppo Game Center, yakni platform pengunduhan dan pengelolaan gim. Oppo Game Center bekerja sama dengan pengembang dan penerbit gim untuk tidak hanya menyediakan aliran, optimisasi promosi, aktivitasi platform, serta kemampuan gim lainnya, tetapi juga melayani pengguna dengan gim besar dan layanan yang berkesinambungan.

Saat ini, bisnis gim Oppo telah dikerahkan dan dipromosikan di banyak negara di luar negeri di mana pun produk Oppo dipasarkan dan melayani jutaan pemain gim.

LockScreen menjadi platform berikutnya yang ditawarkan Oppo kepada mitra kolaborasi pengembang aplikasinya. LockScreen atau Oppo Overseas Lock Screen Magazine adalah aplikasi asli di dalam perangkat OPPO. Aplikasi ini, dengan layar ponsel yang cerah, pengguna dapat menikmati gambar yang kaya warna bermutu tinggi serta informasi dan berita terkait baru setiap hari.

Selain itu, personalisasi distribusi konten gambar memungkinkan pengguna untuk melihat gambar favorit pengguna di layar. Ini adalah portal paparan konten yang paling dekat dengan pengguna dari seluruh sistem ponsel. Dengan perluasan tata susunan ponsel, bisnis majalah layar kunci (lock screen magazine) juga beroperasi di banyak negara di luar negeri.

Platform terintegrasi khusus yang juga ditawarkan kepada pengembang aplikasi adalah Theme Store. Sebagai aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat Oppo, Oppo Theme Store memberikan pengguna tema, wallpaper, font sepadan, dan konten yang lebih kaya.

Aplikasi ini, dengan keberagaman jajaran gaya, memberikan pengalaman personalisasi dan lokalisasi pengguna. Seiring dengan perluasan pangsa pasar telepon seluler, Theme Store menjangkau dan melokalisasi di semakin banyak negara dan wilayah.

Oppo juga merekomendasikan sebuah fitur bernama APP Reviews. App Reviews merupakan sebuah fitur yang direkomendasikan dalam kampanye APP dari Oppo App Market. Setiap pekan, App Reviews memilih aplikasi berdasarkan mutu, fitur, dan UX berkualitas tinggi untuk direkomendasikan kepada pengguna, menciptakan kolom rekomendasi bertema dan senada, sehingga memperpendek jarak antara aplikasi bermutu tinggi dan calon pengguna.

Platform terakhir yang ditawarkan Oppo kepada pengembang aplikasi adalah APP Premiere. App Premiere adalah kampanye terbuka untuk pengembang yang telah mengunggah versi baru di Oppo App Market.

Selama ada pembaruan yang memantapkan pengalaman fungsional dan/atau visual, serta mendorong kinerja aplikasi lebih baik dan tanggap kepada para pengguna, pengembang aplikasi tersebut dapat berpartisipasi dalam kampanye ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
oppo

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top