JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Tingkatkan Kapasitas Jaringan di Jalur Mudik, XL Axiata Kerahkan Mobile BTS

Mobile BTS dikerahkan di sejumlah titik jalur mudik Lebaran 2019.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  18:45 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Tingkatkan Kapasitas Jaringan di Jalur Mudik, XL Axiata Kerahkan Mobile BTS
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di atas tower yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, SUBANG -- PT XL Axiata Tbk. mengerahkan mobile Base Transceiver Station (BTS) untuk meningkatkan kapasitas jaringan di sepanjang jalur mudik.

Head of External Communication XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan bahwa mobile BTS (MBTS) tersebut disebar di sejumlah titik yang berpotensi mengalami lonjakan trafik saat arus mudik.

"XL Axiata sebelumnya juga sudah melakukan uji kesiapan jaringan untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan XL Axiata selama mudik dan Lebaran," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (30/5/2019).

Namun, berdasarkan pengalaman Bisnis saat melintas di Jalan Tol Cikampek-Berebes selepas KM 102, layanan komunikasi dari XL Axiata masih belum optimal. Di beberapa daerah seperti di Rest Area Tol Cikampek-Brebes KM 102 dan di daerah Subang, Jawa Barat, sinyal untuk XL Axiata sulit ditangkap oleh telepon genggam.

Dalam laporan sebelumnya, Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih menuturkan perseroan mengamankan koneksi sepanjang jalur tol baru baik di Jawa maupun Sumatra yang kemungkinan bakal menjadi jalur utama mudik Lebaran 2019.

Terhadap jaringan inti milik XL Axiata, sambungnya, telah dilakukan peningkatan kapasitas secara menyeluruh, terutama terhadap radio akses (RAN) sekitar 1.700 BTS, 250 jalur/hop transport, serta sistem utama inti (CGSN) paket data.

“Perusahaan juga menyiapkan sekitar 50 MBTS dan 10.000 BTS di jalur mudik, tujuan mudik, dan tempat-tempat wisata. Di sepanjang Pulau Jawa, baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta—Surabaya, sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE,” paparnya.

Tri menambahkan XL Axiata memprediksi, pada periode Lebaran 2019, lalu lintas data akan naik hingga 30 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, akibat streaming video dan musik.

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top