Trafik YouTube Melesat Sejak Pembatasan Facebook dan Instagram

Lalu lintas data di jaringan seluler PT Indosat Tbk. dan PT Hutchison 3 Indonesia terdampak oleh pembatasan akses media sosial seperti Facebook dan WhatsApp.
Trafik YouTube Melesat Sejak Pembatasan Facebook dan Instagram
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 24 Mei 2019  |  13:19 WIB
Trafik YouTube Melesat Sejak Pembatasan Facebook dan Instagram
Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Lalu lintas data di jaringan seluler PT Indosat Tbk. dan PT Hutchison 3 Indonesia terdampak oleh pembatasan akses media sosial seperti Facebook dan WhatsApp. Namun, akses YouTube yang masih terbuka menahan penurunan trafik data kedua operator.

Group Head Corcom Indosat Ooredoo Turina Farouk mengatakan berdasarkan kecenderungan applikasi terpopuler seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook,  terjadi penurunan trafik sejak pukul 12 siang. Hanya saja, Turina tidak menyebutkan jumlah penurunan yang terjadi.

“Terjadi penurunan sejak pukul 12 siang, [namun] khusus YouTube terjadi kenaikan lalu lintas data pada periode yang sama,” kata Turina kepada Bisnis, Kamis (23/5/2019).

Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan ada penurunan lalu lintas data di perseroan pada 22 Mei dibandingkan dengan hari biasa, tetapi penurunan tidak sampai 50%. Hal tersebut disebabkan oleh lalu lintas data di YouTube tetap berjalan karena tidak dibatasi.

 “Kalau YouTube dan streaming kan enggak ada masalah,” kata Danny.

Danny mengatakan hingga saat ini pihaknya belum dapat memberikan angka penurunan lalu lintas data karena dalam memantau media sosial.

“Kemarin kami masih sibuk kordinasi blokir sana blokir sini sehingga tidak memikirkan trafik dulu,” kata Danny.

Jakarta menempati urutan ketiga kota dengan penetrasi internet terbesar di Indonesia menurut hasil survei nasional penertrasi pengguna Internet 2018, tercatat  penetrasi internet di Jakarta mencapai 80,4%, mengingat infrastruktur telekomunikasi di Jakarta sangat memadai.

Masih dari sumber yang sama, diketahui juga Facebook dan Instagram, sebagai aplikasi yang terdampak dengan kebijakan pemerintah, merupakan konten yang paling sering dikunjungi responden. Facebook adalah aplikasi media sosial yang paling digunakan oleh 50,7% responden, sedangkan Instagram paling sering diakses oleh 17,8% responden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
media sosial

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top