Aplikasi Kesan Bantu Ibadah Para Santri

Menyambut Bulan Ramadan,  PT Kesan Digital Nusantara merilis aplikasi kepribadian muslim bernama Kedaulatan Santri atau Kesan yang didesain khusus untuk menemani para santri,  purna santri,  dan umat Islam dalam beribadah. 
Aplikasi Kesan Bantu Ibadah Para Santri
Deandra Syarizka - Bisnis.com 04 Mei 2019  |  02:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Menyambut Bulan Ramadan,  PT Kesan Digital Nusantara merilis aplikasi kepribadian muslim bernama Kedaulatan Santri atau Kesan yang didesain khusus untuk menemani para santri,  purna santri,  dan umat Islam dalam beribadah. 

CEO Kesan Hamdan Hamedan menyatakan,  pendirian Kesan bermula dari obrolan sesama santri yang kesulitan mendisiplinkan diri dalam beribadah setelah ke luar dari pesantren. Oleh karena itu,  pihaknya pun mengembangkan aplikasi yang melayani kebutuhan santri tersebut.  

"Rupanya aplikasi Islami cukup banyak,  tetapi belum ada aplikasi yang memenuhi kebutuhan santri. Padahal,  jumlah santri di Indonesia mencapai 4 juta jiwa, "ujarnya saat soft launching Kesan pada hari  Jumat (3/5/2019).

Dia menambahkan,  proses pengembangan aplikasi memakan waktu tiga bulan dan memanfaatkan  talenta lokal.  Untuk sementara,  aplikasi Kesan baru tersedia di Android. Pihaknya tengah mempertimbangkan untuk merilis aplikasi dalam iOs bila mendapatkan respons pasar yang bagus.

Adapun aplikasi ini memiliki berbagau fitur,  antara lain fitur pengingat atau nudging untuk ibadah wajib dan dunnah seperti salat lima waktu,  Salat Dhuha,  dan Salat Tahajud. 

Selain itu, Kesan juga memiliki fitur yang tak dimiliki aplikasi sejenis lainnya,  antara lain konten Kitab Kuning,  Kalender Hijriyah,  hingga konten doa,  shalawat dan hadist hari ini yang disertai dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan penjelasannya.  

"Ada 202 doa sahih plus 36 lebih shalawat yang tidak ada dalam aplikasi lain.  Dalam setiap entri ada bhasa Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia," ujarnya.   

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aplikasi, Ramadan, santri

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top