Sederhanakan Tampilan Gmail dengan Ekstensi Chrome ini

Gombang Nan Cengka
Senin, 29 April 2019 | 18:02 WIB
Tampilan Gmail/Lifehacker
Tampilan Gmail/Lifehacker
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tampilan Gmail terlalu rumit buat Anda? Sejak diperkenalkan 1 April 2004 lalu, Gmail memang terus menambahkan fitur yang berguna. Sayangnya ini juga berakibat tampilan yang terlalu riuh dan kompleks.

Anda bisa menyederhanakan tampilan Gmail dengan ekstensi Chrome dari Michael Leggett, salah satu bekas desainer Gmail yang saat ini sudah meninggalkan Google. Ekstensi yang bernama Simplify Gmail hanya berukuran kurang dari 69 kB, dan bisa dipasang langsung dari toko aplikasi Chrome. Ekstensi ini juga bisa dipasang di peramban lain yang didasarkan pada Google Chrome, seperti Opera dan Vivaldi.

Perubahan tampilan yang dilakukan oleh ekstensi Simplify Gmail ini antara lain adalah menghilangkan ikon amplop merah Gmail, memindahkan tombol Compose (membuat surat baru) ke sudut kanan bawah, dan menyembunyikan tombol-tombol untuk mengakses pengaya Gmail yang mungkin Anda pasang.

Leggett menyebutkan ada kemungkinan ekstensi Simplify Gmail ini mengalami gangguan, terutama pada pengguna yang memasang pengaya Gmail dari pihak ketiga. Karena itu dia berjanji sebisanya memperbarui ekstensi ini sesuai masukan dan saran dari pengguna. Leggett juga menyediakan kode sumber ekstensi Gmailnya ini di Github, untuk mempermudah orang lain meninjau karyanya ini. Karena kode sumbernya terbuka, pengembang lain bisa memperbarui ekstensi Simplify Gmail ini bila Leggett kemudian menghentikan pengembangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper