Pusat Kecerdasan Buatan Tokopedia di Fasilkom UI Punya Super-Komputer

Fasilitas tersebut adalah pusat pengembangan artificial Intelligence pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi super-komputer deep learning NVIDIA DGX-1.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 28 Maret 2019  |  16:05 WIB
Pusat Kecerdasan Buatan Tokopedia di Fasilkom UI Punya Super-Komputer
VP Engineering Tokopedia Herman Widjaja (kedua dari kiri), CEO Tokopedia William Tanuwijaya (ketiga dari kiri), Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (keempat dari kiri), dan Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis (kelima dari kiri) mendengarkan demo mengenai aplikasi teknologi kecerdasan buatan di Tokopedia AI Center of Excellence, Kamis (28/3/2019) - Bisnis/Deandra Syarizka

Bisnis.com, JAKARTA — Tokopedia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan kecerdasan buatan atau artificial Intelligence pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi super-komputer deep learning NVIDIA DGX-1. 

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyatakan hal ini ditujukan untuk mendorong para pelaku akademi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI, agar dapat menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

“Tokopedia bangga bisa berkomitmen dengan UI untuk membuat wadah yang mempertemukan akademisi dengan praktisi.Dengan itu harapannya Indonesia yang saat ini negarar berkembang dapat leap frog menjadi negara maju di 2045 karena inovasi yang kita lahirkan,” ujarnya, Kamis (28/3).

Melalui kolaborasi tersebut, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk mengatasi menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri, termasuk industri e-commerce, misalnya mengenai logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran. Selain itu, peneliti juga dapat meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberikan layanan, serta produk yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi super-komputer dari NVIDIA ini.

 Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, mengungkapkan dukungan atas lahirnya Tokopedia-UI AI Center of Excellence. Menurutnya, pusat pengembangan AI ini akan melahirkan talenta dan inovasi yang siap diimplementasikan di industri khususnya dagang-el.

 “Kita semua patut mengapresiasi lahirnya Tokopedia-UI AI Center of Excellence sebagai pusat pengembangan AI pertama di Indonesia dengan teknologi super-komputer. Pusat pengembangan AI ini diharapkan bisa melahirkan putra-putri terbaik Indonesia yang ahli di bidang riset dan teknologi, yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat kedepannya.” 

Rektor UI Muhammad Anis menyatakan UI memiliki komitmen untuk memajukan bangsa melalui semangat riset dan inovasi. UI juga memiliki tanggung jawab di dalam mencari solusi atas permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini.

“Diharapkan kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dengan industri dapat mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global. Selain itu, kolaborasi yang sarat dengan teknologi tingkat tinggi ini diharapkan dapat menstimulasi semangat berinovasi bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan temuan riset berkelas demi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia ke tingkat berikutnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah akademisi UI  memberikan demo inovasi implementasi AI, yang dapat digunakan untuk mendeteksi jumlah dan data kendaraan secara otomatis. Selain itu, teknologi AI juga dapat digunakan untuk mendeteksi ekspresi wajah seseorang dan menganalisis kejujurannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
StartUp, kecerdasan buatan (AI)

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top