Peringatan Dini Banjir Dikirim Langsung ke Aplikasi dan SMS

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 7 Maret 2019 | 16:51 WIB
Mobil menerjang banjir. /TMC
Mobil menerjang banjir. /TMC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) tengah mengembangkan sistem yang mampu memberikan peringatan dini bencana banjir kepada masyarakat lewat situs web dan pesan singkat. 

Sistem ini bekerja dengan sebuah alat sensor pengukur ketinggian air yang diletakan di Bendung Katulampa, Bogor,  Jawa Barat. Ketika ketinggian air telah mencapai siaga satu, sensor akan membaca dan hasilnya dikirim melalui GPS ke peladen untuk selanjutnya ditampilkan di web yang dapat diakses melalui laptop dan smartphone. Saat ini, sistem tersebut baru dapat dinikmati oleh warga Jabodetabek.

EGM Reseller Mitratel, Eko Santoso mengatakan sebelum mendistribusikan peringatan kepada masyarakat, Mitratel akan meminta persetujuan dahulu dari Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Bendung Katulampa, untuk menghindari kepanikan warga. Di samping itu, lanjutnya, persetujuan juga juga untuk menghindari miskomunikasi dengan BPSDA  tentang tingkat siaga.

"Alat kami mengukur secara akurat ketinggian tadi dan di-broadcast lewat SMS dan aplikasi WhatsApp. Tidak berbayar dan multioperator," kata Eko di Bogor, Rabu (6/3/2019).

Eko menambahkan laporan mengenai peringatan banjir diberikan secara real-time seperti pesan singkat saat ada diskon makanan di suatu gerai.  Dia mengatakan alat ini sekarang masih dalam tahap uji coba. Ke depan, sambungnya, alat tersebut akan dilengkapi dengan CCTV sehingga masyarakat dapat melihat langsung kondisi Bendung Katulampa dari situs web. 

"Jadi kalau sudah siaga satu, kata Balai PSDA, ini layak di braodcast ke masyarakat, kami siap. Keputusan tersebut tetap di Balai PSDA," kata Eko. 

Kabid Bina Manfaat Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Boy Iman Nugraha mendukung inovasi Mitratel. Dia mengatakan uji coba sengaja dilakukan di Bendung Katulampa karena Bendung Katulampa merupakan indikator untuk mendeteksi dini banjir di Jakarta. 

"Selama ini kami bekerja dari institusi ke institusi, dari Bendung Katulampa ke Pintu Air Manggarai, segala macam. Nantinya, informasi ter-update Bendung Katulampa bisa langsung disampaikan ke masyarakat, lewat aplikasi dan SMS,” kata Boy.

Sebelumnya, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) bersama Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam rangka pemasangan alat sensor pengukur level air di Bendung Katulampa, Bogor. Pemberian alat tersebut juga merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Dayamitra Telekomunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper