Infrastruktur Telkomsel Siap Dukung 5G, Kapan Implementasinya?

Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang melakukan demonstrasi keandalan teknologi 5G pada ajang Asian Games yang digelar tahun lalu.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  06:48 WIB
Infrastruktur Telkomsel Siap Dukung 5G, Kapan Implementasinya?
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Network Bob Apriawan (kiri), dan Direktur Planning & Transformation Edward Ying berpose di depan fasilitas mobil 5G Telkomsel Experience Center, di area Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (10/8/2018). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengklaim jaringan seluler perusahaan sudah siap untuk mendukung pembangunan teknologi 5G. Namun, Telkomsel tampaknya tidak akan menggelar jaringan 5G dalam waktu dekat.

Manager Media Relation Telkomsel Singue Kilatmaka mengatakan bahwa Telkomsel belum akan melakukan uji coba untuk implementasi teknologi 5G pada tahun ini.

Kendati demikian, dirinya menyampaikan bahwa infrastruktur jaringan yang dimiliki Telkomsel saat ini telah siap mendukung teknologi jaringan generasi kelima yang disebut-sebut akan memberikan kecepatan koneksi tinggi.

“Tahun ini belum ada uji coba 5G lagi,” katanya kepada Bisnis, Senin (25/2).

Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang melakukan demonstrasi keandalan teknologi 5G pada ajang Asian Games yang digelar tahun lalu.

Pada gelaran uji coba tersebut, Telkomsel memamerkan beberapa implementasi teknologi yang membutuhkan jaringan 5G sebagai penyokong koneksi utama misalnya kendaraan otonom dan robotika. Hasil pengujian tersebut dikabarkan mencapai kecepatan hingga 16 Gbps.

Indosat pada tahun lalu telah melakukan uji coba jaringan 5G dengan menggandeng Ericcson. Uji coba dilakukan dengan dua demonstrasi, yaitu testbed 5G dan menjajal fitur tiga dimensi dari teknologi realitas tertambah (virtual reality).

Hasil dari testbed 5G yang dilakukan menunjukkan kecepatan yang mencapai 10 Gbps dari kecepatan maksimum 20 Gbps. Kecepatan tersebut, diklaim memungkinkan streaming video beresolusi 4K melalui radio 5G.

Operator lain yang telah menggelar uji coba 5G adalah Xl Axiata. Perusahaan berkode EXCL tersebut, melakukan uji coba teknologi jaringan generasi kelima di Kota Tua, Jakarta dengan kecepatan mencapai 11 Gbps dari kecepatan maksimum 20 Gbps.

Adapun, demonstrasi yang dilakukan XL dalam hal implementasi teknologi 5G adalah aktivitas sistem kota pintar (smart city), misalnya manajemen air, sistem tempat sampah pintar (smart bin), penerapan CCTV, dan transportasi cerdas berbasis sepeda (bike sharing).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel, teknologi 5G

Editor : Demis Rizky Gosta
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top