Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Siap-Siap, Robot Cerdas Akan Layani Pelanggan di Indonesia

PT Pusat Robot Indonesia (Puri Robotics) siap memasarkan sejumlah robot yang memiliki kemampuan artificial intelligence untuk membantu industri melayani pelanggan secara lebih mudah dan cepat.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 Desember 2018  |  18:59 WIB
Siap-Siap, Robot Cerdas Akan Layani Pelanggan di Indonesia
PT Pusat Robot Indonesia (Puri Robotics) siap memasarkan sejumlah robot yang memiliki kemampuan artificial intelligence - Bisnis/Dewi Andriani/Sae
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pernahkah Anda membayangkan hidup dilayani robot-robot cerdas. Lompatan teknologi memungkinkan hal itu, termasuk di Indonesia. 

PT Pusat Robot Indonesia (Puri Robotics) siap memasarkan sejumlah robot yang memiliki kemampuan artificial intelligence untuk membantu industri melayani pelanggan secara lebih mudah dan cepat.

Robot-robot tersebut dibuat dengan teknologi Jepang yang kemudian dilakukan alih teknologi oleh tenaga ahli Tanah Air dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Presiden Direktur Pusat Robot Indonesia, Jully Tjindrawan mengatakan target pasar dari robot service ini mulai dari industri retail, restauran, perbankan, hospitality, hingga periklanana. Bahkan dapat pula digunakan untuk penggunaan pribadi pada kebutuhan sehari-hari.

"Kita akan mulai jual tahun depan, beberapa juga bisa disewakan. Untuk tahap awal ini, kita baru pasarkan yang jenis robot service," ujarnya.

Beberapa jenis robot yang akan dipasarkan antara lain Robot Snow yang dibangun sebagai robot promosi. Fitur-fiturnya meliputi pengenalan wajah, periklanan, perekaman video, foto, menari, dan navigasi yang akurat melalui platform SLAM Tech.

Ada juga Robot Army Service yang didesain sebagai robot kantor dan pengiriman. Robot ini dapat membawa barang hingga berat 10 kg di nampannya, dan dilengkapi dengan SLAM Tech, membuat navigasi menjadi mudah. Robot ini bisa dimanfaatkan untuk kantor, restoran, hingga pengaturan promosi.

Selain itu, ada Robot Alice yang menyerupai sosok wanita ramah dan cerdas yang dapat menjamu tamu, menjawab pertanyaan, dan menyediakan navigasi.

Robot Alice juga mampu mengidentifikasi emosi pelanggan berdasarkan ekspresi, intonasi suara, kata, dan gerak tubuh sehingga dia akan memilih cara yang paling tepat untuk menanganinya.

 

"Ada beberapa jenis robot yang akan kita pasarkan dengan harga mulai Rp 70 juta sampai Rp 200-an juta. Beberapa perusahaan juga sudah menyatakan tertarik untuk membeli, seperti Angkasa Pura dan perbankan," kata Jully.

Kehadiran robot tersebut menjadi salah satu kebangkitan menuju era revolusi industri 4.0. Robot dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) mulai banyak dimanfaatkan untuk membantu beberapa jenis pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top