Normalkah Turun Hujan Saat Cuaca Cerah? Ini Penjelasan BMKG

Muhammad Ridwan
Selasa, 27 November 2018 | 17:03 WIB
Hujan ringan/ilustrasi
Hujan ringan/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pernahkah Anda mengalami cuaca yang cerah bahkan panas namun turun hujan? Tidak perlu bingung, ini adalah fenomena alam yang normal.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena tersebut adalah suatu proses pembentukan hujan. Dalam pembentukan awan hujan, diperlukan sebuah uap dari bumi.

Panas matahari yang masuk menyinari tersebut diibaratkan sebagai sebuah kompor yang sedang memproduksi uap. Sinar matahari tersebut masuk melalui awan yang terbuka oleh tiupan angin, sehingga cuaca menjadi cerah.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan fenomena tersebut.

“Musim hujan itu bukan berarti matahari tidak menyinari bumi, itu satu yang perlu dicatat. Apabila di masa transisi musim penghujan itu matahari masuk menyinari bumi, berarti radiasi mataharinya sangat optimal, jadi penguapannya optimal,” ujarnya, Selasa (27/11/2018).

Masyarakat tidak perlu merasa bingung melihat hal itu. Sebaiknya masyarakat mewaspadainya karena saat itu pembentukan awan hujan sedang dalam fase optimal.

Masyarakat perlu mewaspadai kemungkinan turunnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan biasanya disertai petir serta angin kencang.

Jadi fenomena langit yang cerah tetapi turun hujan ini merupakan suatu fenomena yang biasa terjadi, terlebih di negara beriklim tropis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper