Bersiaplah, Google Assistant akan Hadirkan Versi Laptop

Bila Anda menunggu Google Assistant di komputer pribadi, penantian Anda mungkin tidak lama: pengembang Google Chrome telah menambahkan setelan baru di Google Chrome OS yang akan mengaktifkan asisten pribadi virtual tersebut.
Gombang Nan Cengka | 26 Oktober 2018 17:11 WIB
Google Apps - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bila Anda menunggu Google Assistant di komputer pribadi jinjing alias laptop, penantian Anda mungkin tidak lama. Ini sekaligus menlengkapi Google Assistant yang sudah hadir duluan untuk peranti Android.

Pengguna Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan asisten virtual Google Assistant. Asisten pribadi ini bisa memahami permintaan pengguna lewat percakapan maupun tulisan, berkat kemajuan teknologi kecerdasan buatan. Namun asisten virtual besutan Google ini punya satu kekurangan: tidak seperti pesaingnya Cortana atau Siri yang juga hadir di komputer, Google Assistant hanya bisa ditemukan untuk ponsel dan tablet Android.

Bila Anda menunggu Google Assistant di komputer pribadi, penantian Anda mungkin tidak lama: seperti diberitakan situs web Chrome Story tanggal 24 Oktober lalu, pengembang Google Chrome telah menambahkan setelan baru di Google Chrome OS yang akan mengaktifkan asisten pribadi virtual tersebut.

Karena setelan tersebut ditambahkan untuk ChromeOS, dalam waktu dekat hanya pemakai Chromebook yang akan dapat menikmati layanan asisten pribadi di komputer pribadinya.

Sebelumnya Google Assistant juga sudah ditemukan pada komputer jinjing Google Pixelbook, yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Namun implementasi Google Assistant di sana didasarkan pada versi Android, yang pada dasarnya hanya kompatibel untuk beberapa versi Chromebook.

Menurut investigasi situs web 9to5Google.com, versi Google Assistant baru ini akan memanfaatkan antarmuka web, seperti banyak aplikasi Chrome lainnya.

Sebagai contoh, setelan Google Assistant baru ini bisa diakses di https://assistant.google.com/settings/mainpage. Ini memungkinkan Google Assistant dijalankan pada  semua komputer Chromebook . Dan meskipun pada saat ini Google baru membidik peranti ChromeOS, mungkin saja Google akan membuka fitur ini untuk semua komputer pribadi yang bisa menjalankan browser Google Chrome.

 

Sumber : Chrome Story, 9to5Google

Tag : google
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top