Tips Memperkaya Gmail dengan Add-On

Pengguna Gmail intensif kiranya akan mendapatkan cukup banyak manfaat dengan memasang serangkaian pengaya (add-on).
Gombang Nan Cengka | 05 Juli 2018 16:36 WIB
Ilustrasi berbagai add-on yang bisa digunakan dengan Gmail - Gombang Nan Cengka

Bisnis.com, JAKARTABila Anda termasuk salah satunya dan menggunakan Gmail sebagai layanan surel utama, ini bisa berarti Anda menghabiskan cukup banyak waktu membuka jendela Gmail di peramban (browser).

Pengguna Gmail intensif kiranya akan mendapatkan cukup banyak manfaat dengan memasang serangkaian pengaya (add-on) yang menambahkan fungsi dan fitur baru pada layanan webmail Google tersebut.

Add-on ini secara umum terbagi dua yaitu pengaya peramban (seperti ekstensi Chrome), dan pengaya Gmail.

Seperti namanya pengaya peramban pada dasarnya bekerja di peramban Chrome atau Firefox, sedangkan pengaya Gmail ditambahkan langsung di layanan web Gmail itu sendiri.

Pengaya peramban bisa dipasang dari Chrome Web Store atau Mozilla Add-Ons. Sementara pengaya Gmail bisa ditambahkan dari dua tempat: langsung dari Gmail sendiri atau dari GSuite Marketplace (https://gsuite.google.com/marketplace/).

Pengaya Peramban

Salah satu pengaya peramban yang cukup membantu adalah Dropbox for Gmail. Secara setelan bawaan (default), Gmail memungkinkan kita untuk menyisipkan berkas dari layanan penyimpanan daring Google Drive. Ini berguna untuk mengakali batasan pengiriman berkas lampiran di Gmail (sampai 25 MB).

Namun bila Anda lebih sering menggunakan kompetitornya, Dropbox, tentunya akan cukup repot untuk memindahkannya terlebih dahulu ke Google Drive hanya untuk mengirimkan berkas berukuran besar.

Dropbox for Gmail memungkinkan kita untuk langsung melampirkan berkas Dropbox ke dalam surel. Lampirannya ini akan berbentuk tautan Dropbox ke berkas yang hendak kita kirimkan.

Contoh pengaya Gmail lain dalam bentuk ekstensi peramban adalah Mailvelope yang menambahkan fitur enkripsi PGP. Sayangnya enkripsi surel dengan PGP masih susah digunakan, dan karena itu tidak banyak orang yang memanfaatkannya.

Ingin tahu lebih lanjut informasi tentang orang yang mengirimkan surel kepada Anda? Bisa saja Anda mencarinya di jejaring sosial seperti Twitter, LinkedIn, atau Facebook, tetapi ini mungkin merepotkan. Discoverly secara otomatis mengekstrak informasi ini buat Anda.

Pengaya Gmail

Cara paling mudah menambahkan pengaya Gmail adalah dengan memasangnya langsung dari layanan webmail ini.

Klik ikon roda gigi, lalu pilih Get Add-Ons. Ini akan menampilkan serangkaian pengaya Gmail, yang pada saat ini umumnya berupa integrasi dengan layanan lain dari pihak ketiga.

Dengan pengaya Gmail seperti ini Anda tidak perlu berpindah jendela atau tab peramban hanya untuk bekerja dengan layanan lain. Banyak tugas cukup dilaksanakan dari jendela Gmail.

Sebagai contoh, dengan pengaya Trello for Gmail kita bisa menambahkan surel sebagai entri baru (kartu) di dalam daftar. Begitu pula pengaya Asana for Gmail memungkinkan kita untuk menambahkan surel sebagai entri untuk tugas (task) baru.

Tag : tips digital
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top